10 Tips Aman Solo Traveling Bagi Perempuan

Kamu perempuan dan masih khawatir saat mau liburan sendiri? Pastikan baca tips aman solo traveling bagi perempuan ala BuLiBi ini ya!

Tips Solo Traveling (c) Arakita Rimbayana

Saat ini, liburan seorang diri bukan lagi hal yang aneh untuk dilakukan. Apalagi yang melakukannya adalah seorang perempuan. Mungkin, liburan sendiri tanpa ditemani orang lain bisa jadi masih terasa kurang aman dan nyaman ya? Bagi yang belum tahu, sebenarnya banyak tips dan cara aman untuk para perempuan yang ingin melakukan traveling di dalam negeri maupun di luar negeri sendirian.

Untuk teman-teman ladies yang mau coba solo traveling, Tim BuLiBi punya 10 tips aman buat kamu! Penasaran apa saja tipsnya? Lanjutkan membaca artikel ini! Siapa tahu bisa berguna untuk kamu yang punya rencana untuk menghabiskan waktu liburan sendirian.

Tips solo traveling perempuan: Pilih tempat wisata yang ramai pengunjung

Tips solo traveling perempuan yang pertama adalah memilih tempat wisata yang lumayan ramai pengunjung. Memilih tempat wisata yang ramai menjadi salah satu trik agar kamu lebih merasa aman saat liburan. Tempat yang sepi pengunjung biasanya akan rawan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Hanya saja, saat berada di tempat yang ramai, kamu harus lebih memperhatikan barang bawaanmu.


Jika Teman BuLiBi pergi ke tempat wisata yang lumayan ramai, kamu bisa menikmati liburan dengan lebih aman dan nyaman. Kamu juga tak perlu terlalu waspada. Tetap jaga jarak dengan orang lain yang terlihat mencurigakan ya!

Bawa uang cash seperlunya

Tips aman solo traveling perempuan selanjutnya yaitu membawa uang cash seperlunya. Tips ini termasuk tips yang perlu kamu ingat baik-baik. Terutama bagi kamu yang berencana belanja di tempat wisata yang kamu tuju.


Membawa uang tunai seperlunya bisa membuatmu terhindar dari kejadian yang tidak diinginkan. Seperti kehilangan uang ataupun menjadi sasaran pencuri. Lagipula, saat kamu liburan ke luar negeri misalnya, credit card ataupun pembayaran non-tunai bisa menjadi pilihan yang lebih efisien. Selain itu, membawa uang tunai seperlunya juga bisa lebih mengurangi pengeluaran berlebihan, lho!

Menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan

Menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan bisa jadi tips aman solo traveling perempuan. Kamu yang akan traveling di dalam atau ke luar negeri boleh mencoba tips yang satu ini.


Jika bepergian menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan, kamu akan selalu merasa aman dan tak perlu khawatir terjadi sesuatu. Selain itu, jika memilih bepergian menggunakan kendaraan pribadi, kamu juga bisa menghemat ongkos perjalanan. Banyak keuntungannya kan?

Lewat jalan besar

Tips solo traveling perempuan berikutnya ini tak kalah penting dengan tips lainnya. Jika kamu terpaksa harus berjalan kaki saat mau pergi ke tempat tertentu, kamu bisa melewati jalan besar. Apalagi kalau kamu belum mengenal betul daerah yang kamu lewati.


Dengan melewati jalan besar kamu bisa merasa lebih aman karena biasanya jalan besar cukup ramai dilalui orang-orang. Resiko terjadi kejahatan juga cenderung kecil. CCTV pun ada dimana-mana. Jadi kamu bisa tetap liburan dengan aman dan nyaman!


Cari tahu tempat penginapan yang bagus

Saat akan berlibur ke suatu tempat, sebaiknya Teman BuLiBi memilih tempat penginapannya terlebih dahulu. Bagaimana sih cara menentukan tempat penginapan yang bagus? Penginapan yang bagus biasanya memenuhi beberapa kriteria. Misalnya pelayanan dan keamanannya baik. Selain itu, carilah tempat penginapan yang lokasinya berada di daerah yang tak terlalu terpencil. Atau kalau dirasa perlu, kamu dapat mencari yang letaknya di tengah kota.


Kalau Teman BuLiBi memilih untuk menginap di hotel, cari tahu juga hotel tersebut berbintang berapa dan jangan lupa untuk mengecek review hotel tersebut di situs-situs yang terpercaya, seperti Agoda. Hal itu dapat membantumu untuk menginap di tempat yang tepat.


Pro tip: untuk liburan yang lebih aman dan nyaman, salah satu cara paling mudah untuk mendeteksi hidden camera adalah dengan menyalakan flash di smartphone kamu dan mengecek pantulan cahaya dari lensa kamera. Memang terdengar merepotkan, tapi demi proteksi diri, tidak ada salahnya kan untuk waspada?

Pakailah pakaian yang nyaman dan sesuai dengan musim

Saat melakukan solo traveling, pakailah pakaian yang nyaman! Memakai pakaian yang nyaman saat traveling bisa membuat kamu lebih leluasa bergerak. Terutama buat kamu yang hobi dengan kegiatan yang aktif saat liburan. Selain itu, saat kamu solo traveling ke luar negeri misalnya, pastikan pakaian kamu sudah sesuai dengan musim negara yang kamu tuju. Supaya nggak sal-tum! (salah kostum).

Selalu kabari orang terdekat

Tips yang satu ini jauh lebih mudah dilakukan oleh teman-teman perempuan. Sebelum kamu berangkat solo traveling, ada baiknya kamu selalu memberi kabar ke orang-orang terdekatmu. Hal ini dilakukan agar keberadaanmu senantiasa dipantau oleh seseorang yang kamu percaya. Kenapa, sih, harus memberi kabar ke orang lain? Agar kalau terjadi hal yang tidak diinginkan, orang tersebut bisa membantu kamu dari jarak jauh. Fitur share live location akan sangat berguna di saat seperti ini. Selain itu, kamu bisa menyimpan kontak darurat setempat untuk berjaga-jaga. Saat liburan ke luar negeri, simpan juga daftar alamat KBRI terdekat ya!


Memakai ataupun membawa barang yang tak terlalu mencolok

Tetap mawas diri saat liburan. Agar liburanmu aman, kamu tidak perlu memakai pakaian ataupun aksesoris yang mencolok. Apalagi saat ke daerah yang tak kamu kenali ataupun ke daerah yang jarang kamu datangi. Lagipula, menggunakan barang yang terlalu mencolok bisa menambah kekhawatiran sendiri saat traveling. Hal ini tentu saja karena kamu akan terus ekstra hati-hati saat bepergian. Untuk itu, secukupnya saja ya, Teman BuLiBi!


Belajar sedikit tentang bahasa lokal

Mau tahu tips solo traveling perempuan berikutnya? Jika pergi ke suatu tempat pastikan kamu sudah sedikit mempelajari bahasa yang digunakan oleh warga setempat di sana. Dengan memahami bahasa lokal, kamu bisa lebih mudah untuk berinteraksi dengan mereka. Setidaknya cari tahu kosakata sederhana yang umum seperti maaf, tolong, dan terima kasih dalam bahasa lokal.


Kamu yang sedang traveling ke suatu tempat dan sudah belajar bahasa lokal, dapat mencobanya menanyakan sesuatu yang tak kamu ketahui. Misalnya seperti menanyakan arah agar tak tersesat di tengah jalan. Selain itu, jika kamu bisa berkomunikasi dengan mereka, akan memudahkanmu untuk mengetahui berbagai hal tentang daerah tersebut langsung dari warga lokal.

Selalu waspada

Tips solo traveling perempuan yang terakhir yaitu selalu waspada. Mengingat kamu sedang berada di tempat yang tidak familiar, maka penting untuk selalu waspada saat solo traveling.

Pastikan barang berharga seperti dompet, uang, kartu ATM selalu kamu simpan di tempat yang aman. Untuk tips ekstra, simpan di tempat yang hanya kamu yang tahu. Juga jangan mengeluarkannya saat kamu tak membutuhkannya. Bagi kamu yang memakai tas kecil, pastikan pula posisi tasnya. Letakkan di depan tubuhmu agar barang bawaanmu selalu dalam pengawasan dan terjaga dengan maksimal!

Ladies! Sekarang sudah tahu kan tips aman saat solo traveling? Teman BuLiBi bisa menerapkannya saat bepergian. Selain itu, kalau tips-tips tadi dirasa masih kurang, kamu juga bisa memakai tips lainnya. Contohnya seperti tak berbicara dengan orang yang kelihatan mencurigakan atau menyimpan nomer-nomer darurat di panggilan cepat ponselmu. Ada juga tips lainnya yaitu sebelum berangkat ke tempat wisata yang kamu inginkan, jangan lupa untuk search di internet mengenai tingkat keamanan di wilayah tersebut. Selamat liburan dengan aman dan nyaman!



© BuLiBi – [Kontributor: Nadhirah | Editor: Karina Ovelia]


Terima kasih sudah membaca! Kalau kamu suka, jangan lupa like dan share artikelnya ya!


Baca juga:

Tips Liburan #5: Tips Backpacker Untuk Para Ladies

6 Negara Asia Yang Aman Untuk Solo Traveling Setelah Pandemi

Apply Visa Thailand: Bukan Liburan Biasa Ke Negeri Gajah Putih


#bulibi #bukanliburanbiasa #tipsliburan #tipssolotraveling #solotraveling


Siap liburan? Cari penginapan dulu, yuk!


  • Facebook

©2019 by Bulibi