Mampir dulu ke Tempat Wisata di Bogor Berikut Ini!

Bogor merupakan salah satu kota di Indonesia yang mempunyai tempat-tempat wisata unik dan luar biasa menakjubkan. Teman BuLiBi yang suka berpetualang di alam, mengunjungi tempat budaya, berkebun, berkemah, bermain olahraga ekstrim, atau mencoba makanan dan minuman di café dan restoran-restoran unik bersama orang terdekat, wajib mampir ke tempat wisata di Bogor berikut ini!

Tempat Wisata di Bogor (Photo by Kusumo Nugroho on Unsplash)

Kota di Jawa Barat yang termasuk dataran tinggi ini udaranya sangat sejuk. Bagi orang-orang yang tinggal di kawasan cukup panas, berlibur ke Kota Bogor adalah tujuan yang tepat. Atau kalau kamu memang sudah tinggal di daerah yang sejuk bisa juga ke kota ini untuk mengeksplor hal baru yang mungkin belum pernah kamu temui di daerahmu. Masih belum yakin berkunjung ke Bogor? Kota ini merupakan kota terindah ketujuh di Indonesia menurut Culture Trip, lho! Tidak heran kan jika banyak wisatawan yang berkunjung ke sini?


Tanpa berlama-lama lagi, yuk berkunjung ke Bogor! Tempat wisata di Bogor berikut ini bisa jadi list tempat yang kamu kunjungi saat berada di Kota Hujan!

Berpetualang di alam? Kunjungi tempat wisata di Bogor yang ini!

Kalau soal wisata alam tidak perlu ditanya lagi, Bogor punya berbagai tempat yang menarik, seperti curug, gunung, dan sebagainya. Salah satunya adalah Curug Cikuluwung di Cibitung Wetan, Kecamatan Pemijahan, Bogor. Sebelah kanan dan kiri air terjun terdapat tebing yang berwarna putih. Di tengah-tengahnya ada air jernih berwarna biru yang bentuknya menyerupai kolam. Curug Cikuluwung memiliki kedalaman yang berbeda-beda. Ada yang 50 meter, dan 2 tempat lainnya memiliki kedalaman 2-3 meter. Kamu yang kesana sendirian, sama teman-teman, atau keluarga bisa pilih mana yang kamu inginkan.

Dikelilingi dengan tumbuhan-tumbuhan hijau di sekitarnya dan dengan air mengalir yang amat jernih, menjadi pesona tersendiri bagi Curug Balong Endah. Letaknya dekat dengan Curug Pangeran dan curug lainnya yang membuatmu dapat berkunjung ke beberapa air terjun jika ke sini.

Selain curug, Gunung Pancar bisa menjadi tempat wisata di Bogor yang cocok untuk Teman BuLiBi kunjungi. Di gunung ini ada banyak spot foto, pemandian, bahkan spot bagi kalian yang mau camping.

Mau Olahraga Ekstrim? Coba ke sini!

Kalian suka paragliding atau rafting? Tempat wisata di Bogor punya semua. Untuk kamu yang mau mencoba bermain paragliding, saat ke Bogor jangan lupa untuk berkunjung ke Fly Indonesia Paragliding. Instruktur yang ada di sana telah memegang akreditasi dari German Gantole Federation atau DHV. Jadi, bagi kamu yang belum berpengalaman atau masih takut, tidak perlu khawatir lagi karena instrukturnya sudah sangat profesional!

Kamu hobi rafting? Kunjungi Sungai Cisadane atau Kalibaru di Bogor! Selama kamu bermain arung jeram di Sungai Cisadane, Teman BuLiBi akan disuguhkan dengan pemandangan bukit maupun pohon-pohon hijau nan rindang. Tempat ini cocok untuk siapa saja, baik dari pemula maupun yang sudah berpengalaman main arung jeram. Lain halnya dengan Kalibaru, letaknya yang berada di tengah Kota Bogor membuatmu tak membutuhkan waktu lama untuk sampai di sini. Momen saat kamu bermain di sana akan menjadi momen yang tak terlupakan. Saat rafting di Kalibaru, kamu dapat melihat tebing dan pohon-pohon di sekitar sungai.

Ingin Kemah? Bogor punya banyak tempat untuk kamu kunjungi!

Ingin camping di Bogor? Taman Wisata Alam Gunung Pancar dan Bukit Alesano adalah tujuan yang tepat. Taman Wisata Gunung Pancar ini ada di Desa Karang Tengah, Babakan Madang, Bogor atau biasa disebut dengan kawasan Sentul. Tempat ini dikelilingi oleh hutan pinus yang menyegarkan mata.

Selain di Taman Wisata Alam Gunung Pancar. Teman BuLiBi juga bisa camping di Bukit Alesano. Saat malam hari, di Bukit Alesano ini kamu bisa melihat bintang-bintang indah yang menghiasi gelapnya langit malam.

Berkebun di Bogor? Tempat ini menarik untuk dikunjungi!

Berkebun bisa jadi kegiatan yang menyenangkan saat berkunjung ke Kota Bogor. Teman BuLiBi dapat berkunjung ke Kuntum Farmfield dan Taman Buah Mekarsari. Di Kuntum Farmfield kamu bisa belajar menanam dan juga membeli bibit tanaman yang kalian lihat di sana. Nah, kalau di Taman Buah Mekarsari kamu bisa melihat berbagai macam buah, belajar menanam atau membeli tanaman yang kamu suka.

Sudah tahu belum tentang budaya Jawa Barat? Yuk Intip suasana kampung budaya di Bogor!

Bagi yang belum mengenal budaya Jawa Barat atau mau melihat secara langsung budayanya, bisa langsung berkunjung ke Kampung Budaya Sindang Barang di Bogor. Kampung Wisata Sindang Barang ini katanya sudah ada sejak abad ke 12 saat Kerajaan Sunda masih berdiri. Apa sih yang bisa kamu lihat di kampung budaya ini? Di sana kamu bisa melihat rumah adat, pertunjukkan budaya dan seni, bukit berundak., dan lain-lain. Selain melihat-lihat suasana kampung budaya, di sini kamu juga bisa merelaksasi diri dengan mencoba pijat menggunakan metode tradisional ala Kampung Sindang Barang. Di kampung budaya ini juga ada perpustakaan yang mengoleksi berbagai buku tentang Sunda, mulai dari budaya, sejarah maupun sastra Suku Sunda.

Café dan restoran unik, tempat wisata di Bogor yang sayang jika dilewatkan

Café dan restoran yang mengusung tema unik terbilang cukup banyak di Bogor. Seperti Janjian Coffee Roaster, Gudang Koleksi Antique & Food Showroom, Kopi Tuya, The Lake House dan Warung Nako. Kalau kamu mau ngobrol santai sambil melihat mural-mural yang unik kamu bisa berkunjung ke Janjian Coffee Roaster. Kalian yang menyukai barang antik dan ingin ke café yang bertema jaman dahulu, café Gudang Koleksi Antique & Food Showroom cocok untukmu. Untuk kamu yang mau minum kopi dengan nyaman dan ke café yang mengusung tema tropis dengan dinding dan hiasan yang berwarna-warni bisa berkunjung ke Kopi Tuya. Nah, bagi kamu yang berkunjung ke Bogor dan ingin makan di tengah kolam, langsung saja berkunjung ke The Lake House. Terakhir sekaligus dapat dibilang paling unik adalah Warung Nako. Meskipun namanya warung, cara pesan dan menunya beda dari warteg pada umumnya, Warung Nako ini memiliki desain interior dan eksterior yang sangat modern yang membuatmu serasa berada di restoran-restoran.

Selain café maupun restoran yang sudah disebutkan, Bogor masih punya beragam café dan restoran lainnya yang unik sekaligus aesthetic. Misalnya Nicole’s Kitchen & Lounge, Lemongrass, Roofpark, dan lain sebagainya.

Meski sekarang banyak tempat wisata yang ditutup karena adanya pandemi, Teman BuLiBi bisa ke sana di lain waktu. Kamu juga masih bisa memilih ingin pergi ke tempat wisata yang mana saja saat ke Bogor atau mengunjungi beberapa tempat wisata di Bogor lainnya. Contohnya adalah bermain outbond di Taman Wisata Matahari Puncak Outbound, berkunjung ke Taman Meksiko, atau melihat seni-seni modern di Ecoart Park Sentul City maupun wall art di Taman Corat-Coret. Selain itu, kamu juga bisa bermain olahraga panjat tebing di Bogor atau bahkan melihat keindahan keseluruhan kota di Kampung Salaka.


Manapun tempat wisata di Bogor yang Teman BuLiBi pilih,. Kota Bogor selalu siap menyambut kedatangan kalian!

(c) BuLiBi - [Kontributor: Nadhirah | Editor: Karina Ovelia]


Suka dengan artikel ini? Silakan share ke media sosialmu!


Baca juga artikel lainnya:

Wajib Dikunjungi! Tempat Wisata di Jakarta

Tips Liburan #2: Pentingnya Liburan Ala Orang Lokal

Tips Liburan #1:: Ke Negara Bebas Visa


#bulibi #bukanliburanbiasa #tipsliburan #tempatwisatadibogor #bogor

Rekomendasi penginapan di Bogor:


  • Facebook

©2019 by Bulibi