Korean Mart: Tempat Makanan Korea di Jogja

Sebagai kota yang selalu dikunjungi wisatawan, tak heran bahwa Jogja memiliki beragam jenis kuliner. Tak hanya kuliner lokal, berbagai kuliner khas mancanegara pun banyak ditemukan di sini. Salah satunya tempat makanan korea di Jogja yang menjamur akibat demam K-Pop yang melanda Indonesia.

Tempat Makanan Korea di Jogja (Photo by Ryan Kwok on Unsplash)

Annyeonghaseyo! Sejak munculnya demam K-Pop atau drama Korea, beberapa sapaan dalam Bahasa Korea seperti itu tak lagi asing di telinga. Tak hanya kata sapaan, berbagai jenis tempat makanan Korea di Indonesia pun sudah mudah ditemukan. Tak perlu jauh-jauh ke negara asal, Teman BuLiBi dapat menyantap makanan Korea di kota sendiri. Salah satunya di Jogja. Dalam satu tahun, terdapat banyak tempat makanan Korea di Jogja yang dibuka.


Tiap restoran memiliki keunikan masing-masing yang membuat pengunjung ingin mencicipi menu satu persatu. Dari restoran dalam minimarket sampai restoran dengan suasana Kota Seoul semua dapat ditemukan di Jogja. Teman BuLiBi sedang berada atau berencana ke Jogja dan ingin mencoba tempat makanan Korea di Jogja? Yuk, simak lima tempat makanan korea di Jogja berikut ini!

Sarangeui Oppa, Rasa Otentik dengan Harga Ramah di Kantong

Sarangeui Oppa adalah salah satu tempat makanan Korea di Jogja yang dapat menjadi pilihan menarik. Pasalnya, Sarangeui Oppa sendiri cukup populer di media sosial dan kalangan mahasiswa Jogja. Hal ini karena harga makanan sangat terjangkau dan tidak menguras kantong mahasiswa. Meskipun demikian, rasa makanan yang disajikan sangat otentik sehingga worth the price.


Berbagai macam makanan Korea dapat ditemukan di sini. Harganya juga sangat murah, mulai dari Rp15.000 sampai Rp30.000 saja. Pengunjung juga dapat memesan chicken cola party dengan harga Rp125.000 apabila datang ramai-ramai dengan teman. Dalam menu ini terdapat Korean chicken dengan dua rasa berbeda, french fries, dan tortilla chips. Dilengkapi minuman cola ukuran besar, paket ini bisa dinikmati sampai empat orang.


Sarangeui Oppa terletak di Jalan Gurameh 1, Perumnas No. 1, Kecamatan Ngaglik, Sleman, Yogyakarta. Bangunan restoran Sarangeui Oppa dapat dikatakan sederhana. Didominasi dinding berwarna hijau muda dan putih, lokasinya berada di teras sebuah rumah. Namun, hal tersebut tidak membuat tempat ini sepi pengunjung. Apabila Teman BuLiBi berniat untuk dine-in, pastikan untuk menghindari jam ramai seperti jam makan siang. Hal ini guna menghindari antrian panjang, tak jarang sampai waiting list. Sarangeui Oppa buka setiap hari mulai pukul 13.00 sampai 21.00 WIB dan tutup hanya di hari Minggu.

Silla Resto, Salah Satu Tempat Makanan Korea di Jogja yang Sudah Lama Berdiri

Teman BuLiBi mencari tempat makanan Korea di Jogja yang juga memiliki makanan khas negara lain? Silla Resto dapat menjadi pilihan yang tepat! Pasalnya, Silla Resto sendiri menyediakan Chinese food dan Japanese food selain makanan khas Korea. Sudah berumur kurang lebih 10 tahun, Silla Resto sudah berdiri sebelum restoran Korea mulai menjamur di Jogja. Silla Resto berada di Jalan Ring Road Utara No. 33, Caturtunggal, Sleman, Yogyakarta. Restoran ini buka setiap hari mulai pukul 11.00 sampai 22.00 WIB.


Hidangan yang tersedia di Silla Resto cukup merogoh kocek. Namun akan sebanding dengan banyaknya porsi makanan dan pastinya rasa yang otentik! Masih berdiri hingga saat ini sudah membuktikan bahwa Silla Resto memberikan kualitas terbaik pada hidangannya. Harga makanan mulai dari Rp30.000 dan untuk Korean grill berada di kisaran Rp75.000 sampai Rp140.000. Di Silla Resto, pengunjung dapat custom beberapa bahan makanan. Misalnya, pengunjung dapat memilih daging lokal atau impor. Pengunjung juga dapat request untuk tidak menggunakan bahan tertentu.

Tempat Makanan Korea di Jogja yang Membuatmu Berasa di Seoul: Chingu Korean Fan Cafe

Salah satu tempat makanan Korea di Jogja yang hits di kalangan anak muda, Chingu Korean Fan Cafe! Chingu sendiri dalam bahasa Korea artinya 'teman'. Jogja sendiri adalah cabang ketiga setelah dua cabang pertama berada di Bandung. Chingu Korean Fan Cafe Jogja sendiri baru dibuka Desember 2018.


Chingu Korean Fan Cafe memang terkenal dengan spot foto yang bagus dan menarik. Masuk ke sini, bangunan berwarna cerah akan membuat pengunjung merasa sudah benar-benar berada di Seoul. Banyak landmark terkenal di Seoul yang dijadikan sebagai dekorasi restoran ini. Beberapa diantaranya seperti Dongdaemun Street dan Sungai Cheonggyecheon. Benar-benar tempat makanan Korea di Jogja yang akan memanjakan penggemar industri hiburan Korea.


Ada beberapa spot untuk menikmati hidangan di sini. Biasanya, pengunjung yang akan menyantap Korean Barbecue akan diarahkan ke tempat dengan nuansa tradisional. Apabila tidak berencana untuk menyantap Korean Barbecue, pengunjung bisa memilih tempat lain dengan nuansa K-Pop yang sangat kental. Terdapat beberapa tempat dengan berbagai nama girlband dan boyband K-Pop yang populer. Pengunjung juga dapat menyewa Hanbok, pakaian tradisional Korea dengan harga Rp30.000 untuk durasi 15 menit. Restoran ini berada di Jalan Pandega Karya No. 18, Kaliurang 5.6 KM, Sleman, Jogja. Tempat makanan Korea di Jogja ini buka setiap hari, dari pukul 10.00 sampai 22.00 WIB.

Makan Samgyeop dengan Citarasa Asli Korea di Bornga!

Tempat makanan Korea di Jogja yang akan dibahas kali ini termasuk golongan high-end: Bornga! Bornga sendiri dapat dikatakan sudah banyak membuka cabang di Jakarta dan Bandung. Cabang Jogja baru beroperasi sekitar 2017. Meskipun harganya cukup menguras kantong, hidangan yang disediakan sangat worthy untuk citarasa asli Korea. Terdapat satu hal yang perlu diperhatikan sebelum berkunjung ke tempat makanan Korea di Jogja ini. Bornga memiliki beberapa menu non halal, jadi pastikan untuk konfirmasi dengan pihak restoran terlebih dahulu. Bornga cabang Jogja sendiri pernah didatangi boyband populer Korea Selatan yaitu Super Junior dan TVXQ, loh! Pemilik Bornga sendiri merupakan koki asli Korea Selatan bernama Baek Jong Won.


Menu utama dan populer di Bornga adalah Woo Samgyeop. Samgyeop sendiri adalah daging yang diberi bumbu, biasanya digulung dan dicelupkan ke saus khas Korea. Samgyeop juga dapat dimakan dengan membungkus daging dan side dish menggunakan dedaunan. Side dish seperti kimchi dan lobak di Bornga mendapatkan free refill. Tak hanya itu, minuman yang disediakan seperti misalnya corn tea juga mendapatkan free refill. Range harga makanan di Bornga sendiri berkisar Rp79.000 sampai Rp360.000. Bornga berada di Jalan Lempongsari Raya No. 117A, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta. Restoran ini buka setiap hari mulai pukul 11.30 sampai 21.00 WIB.

Jajan Street Food Khas Korea Sambil Belanja? Ada Mu Gung Hwa Jogja Korean Mart!

Berencana mengunjungi tempat makanan Korea di Jogja sambil belanja? Bisa banget! Sejak Januari 2020, Jogja sudah punya Korean mart, lho! Minimarket ini bernama Mu Gung Hwa Jogja Korean Mart. Sesuai namanya, minimarket ini menjual berbagai jenis produk – mayoritas makanan-- yang berasal dari Korea Selatan. Bahkan, air mineralnya saja didatangkan langsung dari Korea Selatan! Di bagian belakang minimarket, terdapat sebuah kedai kecil bernama Bunsik Juseyo. Bunsik memiliki arti makanan yang berasal dari tepung. Sedangkan, kata juseyo digunakan apabila seseorang ingin meminta tolong.


Berbagai jenis makanan yang dihidangkan mayoritas berupa street food terkenal seperti tteokbokki dan eomuk. Tteokbokki sendiri merupakan tepung beras yang dimasak dengan saus gochujang yang pedas manis. Sedangkan eomuk adalah fish cake asal Korea. Bahan makanan yang disediakan juga otentik mengingat pemilik kedai hanya menginginkan bahan asli dari Korea. Meskipun begitu, makanan yang disediakan di Bunsik Juseyo dijamin halal. Minimarket ini berlokasi di Ruko Sumber Baru Square, Ring Road Utara No. 81 (seberang UTY). Minimarket Mu Gung Hwa buka setiap hari, dari pukul 10.00 hingga 21.00 WIB.


Kelima restoran di atas adalah daftar tempat makanan Korea di Jogja yang dapat Teman BuLiBi kunjungi! Ternyata tempat makanan Korea di Jogja sudah mudah ditemukan. Setiap tempat bahkan memiliki ciri khas masing-masing, ya! Ada yang meng-highlight suasana seperti di Kota Seoul sungguhan. Tak hanya suasana, ada beberapa restoran pun yang memfokuskan ke rasa makanan sehingga terasa otentik. Ada juga yang hanya fokus ke jajanan Korea yang tidak kalah lezat. Perlu diketahui, mungkin ada beberapa hidangan yang belum tentu cocok di lidah orang Indonesia. Jadi, make sure to check and know what to eat agar pengalaman mencoba hidangan khas Korea lebih menyenangkan. Sudah siap untuk memanjakan lidah dengan makanan Korea? Kajja!


© BuLiBi – [Kontributor: Amanda Trinita | Editor: Karina Ovelia]


Suka dengan artikel ini? Jangan lupa untuk share di media sosialmu, ya!


Baca juga:

Tips Liburan #4: Cari Makanan Halal Di Luar Negeri

Belum Liburan ke Korea Selatan Tanpa Foto di 5 Tempat Ini!

11 Fakta Unik Korea Selatan yang Harus Traveler Tahu


#bulibi #bukanliburanbiasa #tipsliburan #tempatmakanankoreadijogja #makanankoreadijogja #makanankorea #jogja

Rekomendasi hotel murah di Jogja:


3 tampilan
  • Facebook

©2019 by Bulibi