Pantai Malang Selatan Menyimpan 11 Spot Pantai yang Indah!

Mau liburan ke pantai? Tapi belum yakin mau ke pantai mana? Pantai Malang Selatan menunggu kunjunganmu!

Pantai Malang Selatan (c) SwakelolaSayang

Kota Malang terkenal dengan hawanya yang dingin karena terletak di dataran tinggi. Meskipun begitu, Teman BuLiBi masih bisa menemukan pantai di bagian selatan Kota Malang. Pantai Malang Selatan memang tidak terlalu diekspoks keindahannya di media-media maupun TV nasional. Namun, pantai-pantai tersebut menyimpan banyak spot indah. Jumlah pantainya pun terbilang cukup banyak. Tinggal pilih mana yang suasananya pas dengan keinginanmu!


Buat kamu yang tertarik untuk mengunjungi pantai yang tidak terlalu ramai, kamu wajib tahu, nih, pantai-pantai yang ada di Malang Selatan. Masing-masing pantai punya keunikannya tersendiri dan mampu membuatmu terpana. Makin penasaran? Yuk, kita cek bersama spot-spot indah di Pantai Malang Selatan berikut ini!

1. Pantai Malang Selatan: Pantai Tiga Warna

Jika mendengar namanya, kamu bisa langsung tahu kan kalau pantai ini memiliki tiga warna yang berbeda. Kamu bisa melihat pantulan warna merah, hijau, dan biru. Sudah terbayang kan betapa uniknya Pantai Tiga Warna? Bagi Teman BuLiBi yang suka snorkeling, pantai ini menyediakan fasilitasnya. Jadi tak perlu lagi khawatir tidak bisa melihat kehidupan bawah laut Pantai Tiga Warna.

Ingin berkunjung? Jangan lupa melakukan reservasi terlebih dahulu ya! Pantai yang terletak di kawasan Sumbermanjing ini setiap harinya memiliki batas pengunjung yang datang kesana.


Perjalanan ke Pantai Tiga Warna dari Kota Malang membutuhkan waktu sekitar 2 jam. Kalau kamu menggunakan mobil, kamu harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki untuk sampai ke pantai. Kami lebih menyarankan kamu untuk berangkat menggunakan motor agar tidak perlu berjalan kaki.


2. Pantai Clungup

Pantai Clungup ini berada di kawasan yang sama dengan Pantai Tiga Warna, yaitu di Sumbermanjing. Tepatnya di Desa Sitiarjo. Pantai ini termasuk pantai yang agak sepi pengunjung karena keberadaannya masih jarang diketahui oleh wisatawan.


Tempatnya yang begitu tenang, cocok untuk kamu yang ingin bebas sejenak dari keramaian kota. Disini kamu bisa camping, snorkeling, diving, bahkan berwisata ke hutan mangrove di sekitar pantai. Teman BuLiBi yang mau menuju ke pantai ini harus melakukan perjalanan selama kurang lebih 2 jam dari Kota Malang. Setibanya di kantor Clungup Mangrove Conservation, kamu harus berjalan kaki sekitar 1 jam. Setelah itu, baru sampai deh di Pantai Clungup dengan pemandangan bukit dan dikelilingi hutan bakau.

3. Pantai Batu Bengkung

Pantai Batu Bengkung terletak di Desa Gajahrejo, Gedangan. Salah satu daya tariknya adalah pemandangan sunset indah yang akan terlihat dengan jelas jika kamu berdiri di karang-karang yang ada di sekitar pantai. Tak hanya sunset, daya tarik lain dari Pantai Batu Bengkung adalah kolam kecil di pinggir pantai yang terbentuk saat air sedang pasang. Kedalaman kolam ini bisa mencapai 1,5m.


Teman BuLiBi tertarik untuk berkunjung ke Pantai Batu Bengkung? Kalau iya, kamu bisa melalui rute dari Gondanglegi, Bantur, Coban Kedung, Pantai Karang dan Pantai Wedi Klopo.

4. Pantai Watu Lepek

Pantai Watu Lepek ada di wilayah Gedangan. Pantai ini dekat dengan Pantai Batu Bengkung. Berbeda dengan Pantai Batu Bekung yang ramai pengunjung, pantai yang satu ini masih terbilang sepi pengunjung. Mungkin karena untuk sampai ke pantai, pengunjung harus bersusah payah mendaki dulu dan juga ombaknya yang terbilang cukup besar.


Pantai Watu Lepek ini pasirnya lembut sehingga kamu bisa jalan-jalan di pantai dengan nyaman. Jika Teman BuLiBi ke Pantai Watu Leter, kamu juga bisa melihat karang-karang yang seolah-olah berdiri dengan gagah menghadang kuatnya ombak. Layaknya Pantai Clungup, di Pantai Watu Lepek ini kamu juga boleh mendirikan tenda untuk camping di sana.

5. Pantai Malang Selatan: Pantai Kondang Merak

Pantai Malang Selatan yang selanjutnya yaitu Pantai Kondang Merak. Pantai Kondang Merak terletak di Desa Sumberbening, Kecamatan Bantur. Sebelum berangkat, sebaiknya Teman BuLiBi cek terlebih dahulu kondisi kendaraan yang akan kamu gunakan. Jalur menuju Pantai Kondang Merak terbilang cukup terjal dan sangat jauh. Dari Kota Malang, pantai ini terletak 62 km jauhnya.


Mau tahu kegiatan apa saja yang bisa kamu lakukan di Pantai Kondang Merak? Beberapa diantaranya adalah snokerling sambil mengamati ikan-ikan yang sering bersembunyi di balik terumbu karang seperti gurita kecil, landak laut, dan sebagainya. Selain itu, Teman BuLiBi juga bisa menikmati pemandangan yang indah sambil menyantap makanan di restoran dekat pantai.

6. Pantai Mbehi

Pantai Mbehi berlokasi di Sumber Rejo, Bandungrejo, Bantur. Keindahan pantai dan semakin populernya keberadaan pantai ini membuat wisatawan semakin sering mengunjungi Pantai Mbehi. Tidak perlu khawatir jika bingung dalam perjalanan menuju pantai. Kamu bisa coba memakai jasa pemandu warga sekitar.


Di Pantai Mbehi, kamu bisa bersantai dan menikmati pemandangan laut yang indah. Kamu juga bisa menjelajahi pantai sambil mencari spot untuk berfoto. Setelah puas berfoto, kamu bisa mampir ke Teluk Bidadari. Bentuknya yang unik dan warnanya yang biru alami membuatnya menjadi teluk indah yang wajib kamu lihat secara langsung saat berkunjung ke Pantai Mbehi.

7. Pantai Ngliyep

Pantai Ngliyep merupakan sebuah Pantai Malang Selatan yang dikelilingi oleh hutan dan tebing-tebing. Lokasinya berada di Desa Kedungsalam, Kecamatan Donomulyo. Bagi yang ingin ke pantai ini dari Kota Malang, kamu bisa melalui Kepanjen, lalu ke arah Pagak. Setibanya di Donomulyo, kamu bisa langsung menuju ke Pantai Ngliyep. Perjalanan ke pantai ini kurang lebih memakan waktu selama 2 jam dari Kota Malang, sama seperti kebanyakan Pantai Malang Selatan lainnya.


Jika Pantai Mbehi punya Teluk Bidadari, Pantai Ngliyep juga punya teluk indah yang bernama Teluk Putri. Apa lagi sih yang dimiliki Pantai Ngliyep selain Teluk Putri? Di sisi lain pantai, ada jembatan yang bisa menghubungkanmu ke Gunung Kombang. Tapi saat kesana, kamu harus hati-hati ya! Karena ombak di sebelah kanan dan kiri jembatan terbilang cukup kuat.

8. Pantai Balekambang

Pantai Malang Selatan selanjutnya adalah Pantai Balekambang. Pantai yang satu ini berada di Dusun Sumber Jambe, Desa Srigonco, Kecamatan Bantur. Kamu yang menggunakan kendaraan pribadi bisa mengikuti rute ke arah Gadang dan Kendalpayak, lalu ke Desa Gondanglegi, kemudian melewati Bantur dan Desa Srigonco. Setelah itu, kamu bisa menuju ke Pantai Balekambang di Dusun Sumber Jambe.


Pantai Balekambang memiliki pemandangan yang sangat indah terutama saat sore hari. Di pantai ini, ada jembatan yang menghubungkan pesisir pantai ke sebuah pura. Bagi Teman BuLiBi yang ingin menginap, jangan khawatir! Saat ini sudah tersedia penginapan di area Pantai Balekambang. Kalau kamu mau camping juga boleh! Kamu juga harus coba sensasi naik flying fox dengan pemandangan pantai yang indah!


9. Pantai Malang Selatan: Pantai Goa Cina

Keindahan Pantai Goa Cina ini sudah lumayan banyak dikenal oleh para wisatawan. Terutama bagi wisatawan yang suka menjelajahi Pantai Malang Selatan. Nama asli pantai ini sebenarnya adalah Pantai Rowo Indah. Namun sekarang lebih dikenal dengan nama Pantai Goa Cina karena dulu ada biksu Tionghoa yang meninggal saat bertapa di gua yang ada disana. Di gua itu, juga ada tulisan-tulisan Mandarin.


Pantai Goa Cina dikelilingi oleh bukit karang. Pasir putih yang ada di pinggir pantainya juga membuat keindahannya semakin terpancar. Di sini kamu bisa berkemah ataupun berolahraga. Misalnya bermain sepakbola atau voli pantai. Tertarik berkunjung ke Pantai Goa Cina? Dari Malang kamu bisa mengambil rute melalui Gadang, Bululawang, Turen, Dampit, Sumbermanjing, lalu ke Dusun Tumpak Awu di Desa Sitiarjo.

10. Pantai Watu Leter

Dalam bahasa Indonesia, watu leter berarti batu berbentuk datar. Nama tersebut diambil oleh warga sekitar karena di pantai tersebut ada tebing batu yang ujungnya berbentuk datar.

Pantai Watu Leter masih berada dalam satu kawasan dengan Pantai Goa Cina, yaitu sama-sama terletak di Desa Sitiarjo. Pantai Goa Cina terletak di Dusun Tumpak Awu, sedangkan Pantai Watu Leter berada di Dusun Rowotrate. Jaraknya pun hanya 450 meter saja, dekat kan?


Pantai Watu Leter ini masih sepi pengunjung sehingga digunakan sebagai pusat ekowisata pelestarian penyu. Jadi jika kamu beruntung, saat berkunjung ke sana kamu bisa melihat penyu-penyu datang ataupun melepas penyu-penyu kembali ke laut. Selain bisa melihat penyu, saat menyusuri pantai Teman BuLiBi bisa melihat hutan mangrove yang ada di sana.

11. Pantai Malang Selatan: Pantai Sendiki

Pantai Malang Selatan yang indah selanjutnya adalah Pantai Sendiki. Melihat pasir putih luas dan warna air laut yang tampak menyatu dengan langit biru menjadi tujuan utama wisatawan saat berkunjung ke Pantai Sendiki. Suasana yang tenang bisa kamu manfaatkan untuk mengobrol-ngobrol dengan orang terdekat sambil melihat indahnya pantai. Selain itu, kamu bisa juga bermain ayunan atau bersantai sambil tiduran di tempat tidur gantung.


Pantai ini berada di Tambakrejo, Sumbermanjing Wetan. Letaknya masih satu kawasan dengan Pantai Balekambang dan Pantai Sendang Biru. Kamu juga bisa sekalian berkunjung ke pantai-pantai tersebut saat berkunjung ke Pantai Sendiki ya!

Pantai Malang Selatan (c) SwakelolaSayang

Nah, sekarang Teman BuLiBi sudah lebih tahu kan tentang Pantai Malang Selatan? Bagi kamu yang mau berlibur dengan suasana yang santai bersama pasangan bisa pergi ke Pantai Clungup, Pantai Sendiki atau Pantai Ngliyep. Kalau kamu ingin seru-seruan bersama teman-teman bisa pergi ke Pantai Tiga Warna, Pantai Kondang Merak, Pantai Clungup, dan juga Pantai Goa Cina. Nah, kalau kamu mau ke pantai sama keluarga, kunjungi Pantai Watu Lepek, Pantai Mbehi, Pantai Watu Leter atau Pantai Balekambang. Sebenarnya, masih banyak pantai lain yang pastinya tak kalah menarik untuk dikunjungi. Misalnya Pantai Jonggring Saloko, Pantai Modangan, Pantai Teluk Putri, Pantai Bajul Mati, dan sebagainya. Jadi, Teman BuLiBi jangan segan-segan untuk berkunjung ke Pantai Malang Selatan ya!

© BuLiBi – [Kontributor: Nadhirah | Editor: Karina Ovelia]


Suka dengan artikel ini? Silakan share ke media sosialmu!


Baca juga:

Cerita Bukan Liburan Biasa: Liburan Murah Tapi Seru di Malang

Tips Liburan #1: Ke Negara Bebas Visa

Itinerary Lengkap Liburan ke Myanmar


#bulibi #bukanliburanbiasa #tipsliburan #pantaimalangselatan #malang

  • Facebook

©2019 by Bulibi