Rekomendasi Tempat Camping di Pantai Gunung Kidul

Ada rencana ke Pantai Gunung Kidul? Berikut rekomendasi tempat camping yang terbaik!

Pantai Gunung Kidul (Photo by Aaron Kiru on Unsplash)

Gunungkidul merupakan salah satu kabupaten di Yogyakarta yang terkenal karena menawarkan banyak wisata bernuansa alam, mulai dari pantai, bukit, hingga embung. Bagi sebagian besar orang Yogya, hal yang paling populer dari Kabupaten Gunungkidul adalah jajaran pantainya.

Gunungkidul memiliki area pesisir pantai terpanjang dibandingkan dengan daerah lainnya di Yogyakarta sehingga memiliki banyak pantai. Tak hanya banyak, Pantai Gunung Kidul juga memiliki pemandangan yang indah, tak berlebihan jika dibandingkan dengan pantai yang ada di Bali. Menikmati Pantai Gunung Kidul seakan tidak ada puasnya, karena itulah biasanya banyak yang memanfaatkan pantai di sini untuk camping.

Untuk itu, berikut ini Tim BuLiBi rekomendasikan Pantai Gunung Kidul yang memberikan nuansa yang berbeda dari pantai lainnya di Yogyakarta.

1. Pantai Siung

Bagi kamu yang suka mendaki dan ingin merasakan suasana pantai yang di saat yang bersamaan, pantai ini cocok sekali. Pantai Siung benar-benar menawarkan nuansa yang berbeda, dapat dikatakan sebagai salah satu pantai di Gunung Kidul yang unik. Bagaimana tidak, pantai ini menawarkan perpaduan nuansa pantai dengan bentangan bukit karang yang tinggi. Bentangan batu karang inilah yang menjadi ciri khas Pantai Siung.

Pantai ini menjadi pusat pendakian utama bagi para komunitas panjat tebing. Terdapat kurang lebih 250 jalur pendakian yang bisa dilalui. Tidak hanya itu, Pantai Siung juga sering menjadi Tuan Rumah ASEAN Climbing Gathering.

Pesona lainnya yang ditawarkan di pantai Siung adalah Bukit Pengilon. Terletak di sisi timur dan tak jauh dari pantai, Teman BuLiBi tinggal berjalan ke arah timur dan cukup mengikuti jalur yang sudah disediakan untuk naik ke atas bukit. Di puncak bukit, kamu akan disuguhi pemandangan hamparan rumput hijau dan pepohonan. Pemandangan deburan ombak yang bertabrakan dengan batuan karang juga tidak akan terelakkan.

Puncak bukit Pantai Siung ini menjadi tempat favorit untuk camping, tak heran jika saat libur panjang atau akhir pekan pantai ini cukup ramai. Pantai Siung lokasinya berdekatan dengan Pantai Wediombo dan Nglambor. Letaknya yang dekat dengan dua pantai populer tersebut membuat lokasinya mudah ditemukan.

2. Pantai Kesirat

Pantai Kesirat merupakan pantai yang masih sepi pengunjung karena belum banyak orang yang tahu mengenai pantai ini. Tidak seperti Pantai Gunung Kidul lainnya, Pantai Kesirat tidak memiliki pasir yang landai. Di sini kamu tidak akan menemukan pinggir pantai. Teman BuLiBi hanya akan disambut dengan tebing setinggi 15 - 30 meter yang bertemu dengan bibir laut. Kamu tidak bisa bermain pasir atau bermain-main dengan deburan ombak di pantai ini. Sebagai gantinya Pantai Kesirat menawarkan panorama sunset di pantai yang sangat indah. Bagi kalian para pemburu senja yang ingin menambah koleksi foto atau menghias feeds Instagram, Pantai Kesirat sangat cocok untuk dijadikan spot foto.

Di akhir pekan dan libur panjang, Pantai Kesirat menjadi tempat langganan untuk camping. Kamu bisa camping di hamparan rumput yang cukup luas dan menghadap langsung ke laut. Waktu yang paling pas untuk tiba di pantai ini adalah saat siang hari sekitar jam 2 atau 3 sore. Setibanya di sana, kamu bisa langsung mendirikan tenda untuk menikmati sunset. Saat malam tiba dan langit sedang cerah, kamu bisa beruntung melihat bintang-bintang yang gemerlap.


Selagi camping kamu juga bisa mencoba untuk melakukan rock fishing. Garis pantai berupa tebing yang berbatasan langsung dengan laut menjadikan Pantai Kesirat tempat yang ideal untuk memancing hewan laut seperti lobster dan ikan. Untuk mengakomodasi ini, sebuah pondok dibangun di pojok Pantai Kesirat untuk spot memancing. Lokasi pantai Kesirat berada di Duwun Wiloso, Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunungkidul dan terletak dekat dengan Pantai Wohkudu.

3. Pantai Sedahan

Ingin merasakan sensai berada di private Beach? Gunungkidul mempunyai banyak pantai yang masih tersembunyi dan belum terjamah oleh orang banyak, salah satunya adalah Pantai Sedahan.

Pantai Gunung Kidul yang satu ini menawarkan hamparan pasir putih yang luas dan terdapat dua tebing yang menjorok ke tengah laut. Pada mulanya, pantai ini hanya digunakan sebagai lokasi untuk memancing, lama-kelamaan Pantai Sedahan juga menjadi tempat untuk camping. Pantai yang sepi dan hamparan pasir yang luas cukup untuk menjadi daya tarik Pantai Sedahan sebagai destinasi favorit untuk camping.

Lokasi pantai ini dekat dengan Pantai Wediombo dan Pantai Jungwook. Jika berangkat dari Jogja, Teman BuLiBi bisa langsung mengarah ke Pantai Wediombo. Setelah menempuh perjalanan sekitar 2,5 jam, kamu akan sampai di kompleks pantai. Perjalanan dilanjutkan dengan jalan kaki sekitar 20 menit untuk sampai ke Pantai Sedahan.

Pantai ini menawarkan panorama sunset dan sunrise yang memukau. Kamu hanya perlu naik ke bukit karang yang berada di sekitar pantai untuk menikmati sunset atau sunrise. Lokasi ini juga kerap dijadikan sebagai spot memancing baik oleh warga lokal maupun pengunjung pantai. Teman BuLiBi harap berhati-hati di sini, terlebih saat hujan. Karangnya bisa menjadi licin dan ombak sewatku-waktu bisa menjadi besar. Daya tarik lain dari Pantai Sedahan adalah pantai ini sering dijadikan tempat bertelur bagi para penyu. Kalau kamu beruntung saat camping di sini, kamu bisa melihat penyu yang sedang bertelur.

4. Pantai Wohkudu

Pantai Gunung Kidul lainnya yang asyik dijadikan tempat camping adalah Pantai Wohkudu. Masih belum banyak diketahui oleh orang-orang sehingga sangat cocok bagi kalian yang ingin camping tapi tidak terlalu ramai. Letaknya tersembunyi diapit dua tebing. Teman BuLiBi akan melihat pemandangan rumput hijau di sini.

Daya tarik utama dari pantai ini adalah suasana hening yang membuat kita seperti dapat menyatu dengan alam. Pantai Wohkudu terletak dekat dengan Pantai Kesirat, hanya saja lebih tersembunyi. Kamu haus berjalan kaki dan trekking menuruni bukit untuk sampai ke pantai. Selama perjalanan kamu bisa menikmati tanaman indah, berbagai satwa seperti keran dan burung, hingga anjing yang berlalu lalang. Suasana pantai yang tenang dan asri benar-benar memberikan sensasi berada di pivate beach!


Kawasan Pantai Gunung Kidul mana yang mau kamu kunjungi?

Itu dia rekomendasi pantai-pantai Gunung Kidul yang patut dikunjungi untuk melakukan camping. Setiap tempat tentunya menawarkan sensasi dan rasa yang berbeda dari pantai-pantai lainnya.

Jadi bagaimana? Semakin mantap merencanakan camping di Pantai Gunung Kidul?


(c) BuLiBi - [Kontributor: Ricko | Editor: Karina Ovelia]


Suka dengan artikel ini? Silakan share ke media sosialmu!


Baca juga artikel lainnya:

Kantongin Tips Hiking Untuk Pemula Berikut, Yuk!

Liburan ke Patagonia Chili Itu Wajib!

Tips Liburan #3: Kerja Freelance Biar Bisa Liburan Kapan Saja


#bulibi #bukanliburanbiasa #pantaigunungkidul #gunungkidul #jogjakarta #jogja

Cari tiket liburan murah:


  • Facebook

©2019 by Bulibi