Liburan ke Manado Belum Lengkap Kalau Belum ke Tempat Ini!

Mau liburan tapi cuma sendirian? Atau mau berlibur bersama teman-teman, keluarga, atau sama pacar? Liburan ke Manado bisa menyenangkan meski Teman BuLiBi pergi hanya seorang diri, berdua atau beramai-ramai dengan teman. Dari pusat kota sampai ke pinggir kota, banyak spot wisata menarik untuk kamu kunjungi!

Liburan ke Manado (Photo by Vera Aurima on Unsplash)

Bagi kamu yang belum pernah ke Manado, mungkin masih belum dapat gambaran banyak tentang kota yang terletak di Sulawesi Utara ini. Kota Manado terbilang cukup luas, dengan air terjun, taman wisata, danau, dan gunung yang bisa kamu temukan di kota terbesar kedua di Pulau Sulawesi ini. Disamping itu, Manado juga memiliki taman laut terindah yang dicari-cari oleh wisatawan dalam maupun luar negeri. Pegunungan dan bukit-bukit berjajar rapi mengelilingi Kota Manado dengan begitu cantiknya. Di Malalayang sendirian, ke Bunaken bersama teman-teman, dengan keluarga ke Megamas dan berkunjung ke Pulau Manado Tua bersama pasangan, dapat menjadi liburan tak terlupakan. Ingin menjadi salah satu saksi keindahan Kota Manado? Yuk, liburan ke Manado.

Menikmati waktu sendiri di Malalayang

Liburan ke Manado sendirian aja? Tidak perlu khawatir. Kamu dapat menjelajahi berbagai tempat sesuai keinginanmu. Malalayang jadi pilihan tempat wisata terbaik saat Teman BuLiBi solo traveling ke Manado. Tempatnya yang tenang dan agak sunyi dapat memperbaiki mood siapapun yang pergi ke sana. Saat ke Malalayang, jangan lupa untuk mampir juga ke Pantai Malalayang! Berbeda dari pantai pada umumnya yang berpasir, Pantai Malalayang ini beralaskan bebatuan.

Liburan ke Manado bersama teman-teman? Wajib ke Bunaken

Bunaken adalah salah satu tempat wisata terfavorit bagi kalangan wisatawan mancanegara maupun wisatawan lokal. Jika kamu dan teman-teman termasuk orang yang ingin mengeksplor pantai, Taman Nasional Bunaken termasuk ke dalam list tempat yang wajib dikunjungi.

Taman Nasional Bunaken merupakan wisata laut terbaik di Indonesia. Jumlah wisatawannya dari tahun ke tahun selalu meningkat. Diving dan snorkeling bisa jadi tujuan utamamu saat berkunjung ke sana. Snorkeling di Taman Nasional Bunaken sangat menyenangkan! Teman BuLiBi bisa melihat kehidupan berbagai jenis ikan kecil dan penyu secara langsung. Saat snorkeling, kamu juga diperbolehkan untuk memberi makan mereka. Beberapa spot bagi yang mau coba snorkeling di sini adalah Pulau Siladen dan Bunaken Timur. Kalau kamu mau ke spot Bunaken Timur, kamu perlu berhati-hati karena di sana arusnya cukup kuat. Bagi yang masih baru mencoba snorkeling, lebih baik ke tempat yang agak dangkal seperti di Pulau Siladen.

Bagi kalian yang sudah biasa menjelajahi lautan, diving patut dicoba! Kamu dan teman-teman bisa melihat indahnya terumbu karang, ikan-ikan dan berbagai ekosistem laut lainnya. Spot yang dapat kunjungi adalah Fukui Point dan Lekuan. Fukui Point ini termasuk spot yang paling disukai nih oleh scuba divers. Sedangkan di Lekuan, kamu bisa bersantai dengan berenang bersama ikan-ikan yang ramah terhadap manusia dan melihat indahnya terumbu karang yang berwarna-warni.

Bagi kalian yang masih pemula, agar tetap aman jangan coba-coba untuk diving ataupun snorkeling ke tempat yang tingkat arus maupun bahayanya tinggi dulu, ya!

Megamas: destinasi liburan di Manado bersama keluarga

Kalau Teman BuLiBi liburan ke Manado bersama dengan keluarga, Megamas dapat menjadi salah satu tempat yang cocok. Apalagi pada tahun 2018 lalu, tepatnya pada Hari Keluarga Nasional ke 25 Provinsi Sulawesi Utara, Lapangan Basket Megamas diubah menjadi Taman Keluarga atau family park. Pemerintah Daerah berharap dengan adanya Taman Keluarga ini dapat berguna sebagai tempat berkumpul maupun berinteraksi yang cocok untuk keluarga.


Beberapa tempat lain yang cocok untuk dikunjungi bersama keluarga adalah pantai, pusat perbelanjaan, wisata kuliner dan beragam tempat lainnya. Kamu bisa berkunjung ke Pantai Boulevard Manado untuk menikmati pantai bersama keluarga, belanja di Mega Trade Center, atau menikmati hidangan di Jangkar Sandar yang berada di ruang terbuka atau di Wisata Bahari Restaurant yang tempatnya semi indoor. Siap santap hidangan laut?

Liburan ke Manado sama pacar? Mampir ke Manado Tua yuk!

Bagi yang liburan ke Manado bersama pasangan, Pulau Manado Tua bisa menjadi salah satu destinasi yang menawarkan suasana romantis. Aktivitas yang dapat dijalankan di sini ada berbagai macam, mulai dari trekking, mengunjungi alam bawah laut, bermain jet ski, hingga naik perahu Kataraman. Apabila kamu dan pasangan suka mengunjungi tempat yang kental dengan nuansa alamnya, Manado Tua bisa memenuhi keinginanmu!

Manado Tua memiliki pemandangan yang luar biasa indahnya. Kamu dan pasangan ingin bersantai di Pulau Manado Tua? Nikmatilah pemandangan dari pesisir pantai sambil sunbathing ataupun bersepeda! Untuk kamu yang mau mendaki dengan pasangan di pulau ini, gunung yang ada di sini bisa jadi tujuanmu. Mencoba bermain jet ski dan menaiki perahu di Pulau Manado Tua juga membuat liburanmu bersama pasangan menjadi pengalaman tak terlupakan. Saat menjelang malam, sunset di pinggir pantai yang begitu indah dapat menambah suasana romantis yang juga membuat kalian semakin mesra. Di Pulau Manado Tua belum terdapat resort atau penginapan yang layak, jadi bagi kamu yang ingin menginap bisa menginap di sekitar pulau ini.

Liburan ke Manado belum lengkap kalau belum foto di dua monumen ini

Saat liburan ke Manado, jangan lupa untuk mengunjungi dua tempat ikonik di Kota Manado untuk berfoto. Tempat yang pertama adalah Monumen Tuhan Yesus Raja Memberkati. Patung kebanggaan masyarakat Manado tersebut terletak di Perumahan Ciputraland. Selain berfoto, kamu bisa melihat pemandangan indah Kota Manado dengan jelas dari atas sini.


Tempat yang kedua terletak di Malalayang Dua. Di sana, Teman BuLiBi dapat berfoto dengan latar belakang Tugu Boboca. Dari sekitar tugu, terlihat pula Teluk Manado dan gedung-gedung pusat perbelanjaan Manado dari kejauhan. Jangan sampai melewatkan kesempatan berfoto di sini ya untuk menyimpan memori menyenangkan saat kamu liburan di Manado!

Teman BuLiBi yang berencana liburan ke Manado, bisa memasukkan tempat-tempat ini di list perjalanan ke Manado. Kamu juga boleh menggabungkan berbagai tempat wisata yang berbeda-beda. Misalnya saat bersama teman-teman, kamu berkunjung ke Taman Nasional Bunaken untuk berwisata air dan ke kawasan Megamas untuk berburu makanan. Atau bersama pasangan ke Pulau Manado Tua dan menikmati kesunyian pantai di Pantai Malalayang.


Selain tempat-tempat wisata yang sudah disebutkan di atas, kamu bisa juga ke Air Terjun Kima Atas atau hutan mangrove Mangrove Park Bawoho. Tinggal pilih mana yang sesuai dengan keinginan kamu.


Terima kasih sudah membaca!

(c) BuLiBi - [Kontributor: Nadhirah | Editor: Karina Ovelia]


Suka dengan artikel ini? Silakan share ke media sosialmu!

Baca juga artikel lainnya:

Daftar Penginapan Di Indonesia

Tips Liburan #1: Ke Negara Bebas Visa

Tips Liburan #5: Tips Backpacker Untuk Para Ladies


#bulibi #bukanliburanbiasa #liburankemanado #manado #sulawesiselatan #bunaken

Cari tiket pesawat murah:


  • Facebook

©2019 by Bulibi