Mau Liburan ke Bandung? Harus ke Sini!

Liburan ke Bandung memang tidak bisa hanya sekali. Bandung punya tempat-tempat khusus untuk liburan sendiri, bersama teman, keluarga, bahkan pacar. Hal ini selalu bikin kita kangen Bandung dan kembali lagi untuk mengunjungi tempat wisata lainnya.

Liburan ke Bandung (c) Arakita Rimbayana

Berada di ketinggian 2.084 mdpl, Bandung terkenal dengan wisata alam pegunungan dan cuacanya yang dingin. Selain berperan sebagai pusat kota, Ibukota Jawa Barat ini juga menawarkan banyak wisata dengan suasana alam yang sejuk. Tak heran jika Bandung selalu ramai meskipun mayoritas wisatawan tidak berkunjung untuk yang pertama kali.


Berkali-kali liburan ke Bandung, Teman BuLiBi pasti menemukan perbedaan antara liburan dengan teman dan dengan keluarga. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena Bandung memiliki tempat wisata yang tak pernah habis! Sebelum merencanakan liburan ke Bandung, yuk simak tempat wisata di Bandung yang dapat kamu kunjungi. Baik itu untuk liburan sendiri, kumpul bersama teman, keluarga, atau liburan bersama pacar. Bandung juga memiliki banyak spot foto menarik, loh!

Liburan ke Bandung Sendiri ke Kineruku

Berniat liburan ke Bandung sendirian untuk me time? Biasanya ketika me time, seseorang cenderung pergi ke tempat yang tenang. Tak jarang beberapa orang memilih untuk pergi ke cafe sebagai salah satu kegiatan me time. Bandung terkenal dengan restoran dan cafe yang selalu berkembang dan memiliki inovasi baru. Beberapa konsep unik juga dapat ditemukan di berbagai cafe di Kota Kembang ini. Salah satunya adalah Kineruku.


Berlokasi di Jalan Hegarmanah No. 52, Kineruku dapat menjadi pilihan menarik untuk me time ketika liburan ke Bandung. Kineruku memiliki konsep library cafe. Tersedia berbagai jenis buku, dari novel, buku desain, sampai buku sejarah. Buku-buku tersebut tak hanya menjadi pajangan. Pengunjung dapat membaca atau bahkan meminjam buku yang tersedia. Sebelum masuk ke dalam ruangan, pengunjung biasanya diwajibkan untuk menitip tas di dalam loker dan membawa peralatan penting saja. Masuk ke Kineruku sebenarnya tidak dipungut biaya apabila sekadar membaca buku. Namun, biasanya pengunjung yang datang juga memesan makanan dan minuman yang tersedia. Kineruku sendiri terbagi menjadi beberapa ruangan indoor dan bagian outdoor. Di bagian luar, terdapat taman yang cukup luas sehingga membuat suasana menjadi lebih sejuk. Teman BuLiBi dapat me time seperti membaca, main laptop, atau menulis dengan tenang di Kineruku.

Liburan ke Bandung Bersama Teman-Teman? Wajib ke Ranca Upas!

Selain nongkrong dan hangout, liburan sama teman memang asiknya melakukan kegiatan outdoor. Hal ini karena anak muda cenderung masih memiliki excitement yang tinggi. Apabila Teman BuLiBi dan teman-teman berencana liburan ke Bandung, Ranca Upas dapat menjadi pilihan tepat. Ranca Upas sendiri berlokasi di Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Banyak hal dapat dilakukan di Ranca Upas, dari outbound, berkuda, sampai paintball. Teman BuLiBi dan kawan-kawan bisa bermain dengan rusa di Ranca Upas, loh! Hal ini karena Ranca Upas juga merupakan tempat penangkaran rusa. Rusa di sini dapat berinteraksi dengan pengunjung dan diberi makan.


Berkemah dapat menjadi pilihan lain apabila kamu dan teman-teman kurang tertarik dengan aktivitas yang menguras energi. Menikmati api unggun sambil ngobrol dibarengi cuaca yang dingin merupakan ide liburan menarik. View Ranca Upas di pagi hari juga sangat cantik. Liburan ke Bandung bersama teman-teman menjadi semakin menyenangkan!

Liburan ke Bandung Sama Keluarga Bagusnya ke Terminal Wisata Grafika Cikole!

Liburan ke Bandung bersama keluarga tampaknya banyak dilakukan wisatawan. Tempat wisata yang cocok untuk didatangi bersama keluarga adalah tempat yang masuk ke segala usia. Bandung memiliki banyak tempat yang cocok untuk anak-anak namun tidak ekstrim untuk lansia. Teman BuLiBi dapat menjadikan Terminal Wisata Grafika Cikole sebagai salah satu pilihan liburan bersama keluarga. Akses jalan menuju lokasi juga tidak sulit dilalui lho.


Daerah Cikole sekarang banyak memiliki variasi tempat liburan yang lengkap. Terminal Wisata Grafika sendiri memiliki fasilitas yang cukup lengkap dari wahana bermain sampai penginapan. Suasana alam yang masih alami dan segar juga cocok untuk para lansia. Pengunjung dan keluarga juga dapat melakukan aktivitas ringan seperti memetik stroberi dan memberi makan rusa.

Liburan ke Bandung Sama Pacar? Wah, Mampir Situ Patenggang, Yuk!

Bandung punya banyak tempat yang romantis untuk liburan bareng pacar! Salah satu tempat yang cocok dikunjungi ketika liburan ke Bandung sama pacar adalah Situ Patenggang. Situ Patenggang berlokasi di Ciwidey, Bandung Selatan. Di bagian tepi danau terdapat gazebo dan pengunjung biasanya menikmati suasana dari sana. Pengunjung dapat membawa atau menyewa tikar sambil menikmati suasana danau yang sejuk dan asri. Pengunjung juga dapat menyewa perahu dan keliling danau, lalu mampir di Pulau Cinta.


Terdapat legenda terkenal seputar Situ Patenggang. Berkisah tentang Raden Indrajaya (Ki Santang), keponakan Prabu Siliwangi dan Dewi Rengganis, Puteri Kerajaan Majapahit. Keduanya saling jatuh cinta. Namun karena Perang Bubat, keduanya akhirnya terpisahkan. Siapa sangka takdir berkata lain. Beberapa tahun kemudian, mereka bertemu lagi di Situ Patenggang. Konon, Dewi Rengganis minta untuk dibuatkan perahu. Perahu tersebut lama-lama berubah dan sekarang dikenal sebagai Pulau Cinta. Selain itu, terdapat sebuah mitos bahwa pasangan yang datang ke Situ Patenggang hubungannya akan langgeng. Rasanya, tempat ini memang benar-benar cocok untuk liburan ke Bandung bareng pacar, ya.

Liburan ke Bandung Belum Lengkap Kalau Belum Foto di Braga!

Dari banyak lokasi di Bandung, Teman BuLiBi paling wajib untuk foto di Jalan Braga! Bila Jakarta dan Semarang punya Kota Tua, maka Bandung punya Jalan Braga. Salah satu wilayah yang populer ini memang tak jarang didatangi pengunjung ketika liburan ke Bandung. Meskipun banyak bangunan yang sudah direnovasi atau mengalami penambahan, Braga tidak kehilangan suasana Eropa klasiknya.


Nama Braga sendiri berasal bahasa Sunda yaitu ngabaraga, yang artinya bergaya atau nampang. Dari namanya, Braga memang diciptakan agar menjadi jalan yang “terlihat”. Pasalnya, pada zaman Hindia Belanda, Braga dapat dikatakan sebagai tempat perbelanjaan bergengsi di Bandung. Sekarang ini, biasanya pengunjung berfoto di depan bangunan-bangunan tua. Banyak pula cafe dengan beragam konsep, dari vintage sampai modern yang dapat dijadikan spot foto. Berbagai lampu remang yang menelusuri seluruh jalan juga membuat Braga tak kalah cantik waktu malam.

Lima tempat wisata di atas adalah tempat yang dapat dikunjungi ketika liburan di Bandung! Bersama siapapun dan dengan kegiatan apapun, banyak cara untuk menikmati liburan di Kota Kembang ini. Pastikan untuk mencari tahu seputar tempat wisata terlebih dahulu. Hal ini terutama bila Teman BuLiBi berlibur dengan orang terdekat yang perlu perlindungan ekstra. Seperti misalnya liburan bersama orang tua, atau kakek dan nenek. Usahakan untuk mendatangi tempat wisata dengan akses yang mudah dan tidak melelahkan.


Hal ini mengingat Bandung berada di dataran tinggi. Sehingga, beberapa tempat wisata memiliki jalan yang curam atau agak jauh untuk mencapai pintu utama. Baik liburan sendiri maupun bersama orang terkasih, pastikan Teman BuLiBi liburan ke Bandung dengan penuh kebahagiaan, ya!

© BuLiBi – [Kontributor: Amanda Trinita | Editor: Karina Ovelia]


Suka dengan artikel ini? Silakan share media sosialmu!


Baca juga:

11 Fakta Unik Bandung yang Harus Traveler Tahu

Cara Nonton Bola di Medellin, Kolombia

Tips Liburan #3: Kerja Freelance Biar Bisa Liburan Kapan Saja


#bulibi #bukanliburanbiasa #tipsliburan #bandung #liburankebandung

Rekomendasi hotel murah di Bandung:


  • Facebook

©2019 by Bulibi