11 Fakta Unik Bandung yang Harus Traveler Tahu

Seperti lirik pada lagu "Halo, Halo Bandung", kota ini merupakan kota kenang-kenangan. Bandung menyimpan banyak kenangan bagi siapapun yang pernah menapakan kaki di kota kembang tersebut. Suasana kota yang hangat di balik udara yang dingin selalu menjadi hal yang dirindukan para pengunjung. Bandung sendiri sudah banyak menjadi saksi sejarah dan banyak peristiwa penting. Sebelum liburan ke Bandung lagi, intip dulu fakta unik Bandung berikut!

Fakta unik Bandung (c) Arakita Rimbayana

Bandung merupakan salah satu kota yang tidak pernah bosan untuk dikunjungi. Selalu ada inovasi baru yang diberikan Ibukota Jawa Barat tersebut. Keindahan kota, perkembangan infrastruktur, destinasi wisata, ataupun tempat kuliner favorit rasanya membuat Bandung menjadi kota yang harus dikunjungi lebih dari satu kali.


Selain menjadi kota dengan beragam destinasi wisata, kota yang lahir pada 25 September 1810 ini juga menyimpan banyak fakta, mulai dari sejarah sampai nama kota itu sendiri. Beberapa julukan juga sudah sangat melekat dengan kota tempat Persib tersebut berada. Yuk, kenali lebih dalam kota yang sudah berdiri lebih dari dua abad ini lewat 11 fakta unik Bandung yang sangat beraneka ragam!


1. Asal Muasal Nama Bandung

Berbicara seputar fakta unik Bandung rasanya kurang apabila tidak membicarakan asal nama kota tersebut. Terdapat beberapa versi dari mana nama Bandung tersebut berasal. Pertama, nama Bandung berasal dari kata bendung atau bendungan dikarenakan terbendungnya Sungai Citarum oleh lava Gunung Tangkuban Perahu. Namun, nama Bandung juga diambil dari salah satu kalimat sakral dalam bahasa Sunda, “Nga-Bandung-an Banda Indung” yang memiliki arti tempat dari segala macam tempat di bumi yang disaksikan langsung oleh Yang Maha Kuasa.


2. Sekolah Teknik Pertama di Indonesia

Berbicara soal Bandung pastinya tidak akan lepas dari salah satu fakta unik Bandung yaitu kampus negeri yang menyandang nama Bandung, Institut Teknologi Bandung (ITB). ITB adalah perguruan tinggi teknik pertama yang ada di Indonesia. Dulu, ITB bernama Technische Hoogeschool te Bandoeng, dan didirikan pada tahun 1920. Hingga saat ini, ITB adalah salah satu kampus negeri terbaik di Indonesia.


3. Stall Thrift Shop yang Buka Berdasarkan Hari

Bandung sebagai kota fashion sudah bukan merupakan hal asing di kalangan pengunjungnya. Selain berbelanja di factory outlet, Bandung juga memiliki beberapa cara lain dalam fashion hunting, yaitu thrift shopping. Salah satu fakta unik Bandung seputar thrift shopping adalah biasanya banyak stall toko hanya buka pada satu hari saja dalam seminggu. Beberapa rekomendasi thrift shop yang dapat dikunjungi adalah Pasar Jumat – sesuai namanya, pasar ini hanya buka pada hari Jumat, di depan Masjid Salman Institut Teknologi Bandung (ITB). Pasar Jumat biasanya mulai ramai menjelang waktu shalat Jumat. Selain itu, pada hari Minggu pagi bersamaan dengan car free day Bandung, biasanya banyak warga yang membuka stall thrift shop di depan Lapangan Gasibu. Warga sekitar menyebutnya Pasar Kaget Gasibu.


4. Julukan Bandung Sebagai Kota Kembang

Mengenal seputar fakta unik Bandung memang tidak bisa lepas dari sejarah yang menciptakan julukan-julukan tertentu terkait kota tersebut. Bandung memiliki julukan kota kembang. Namun siapa sangka, di balik julukan kota kembang ini, terdapat kisah sedih di dalamnya. Salah satu fakta unik Bandung ini bermula ketika Pengurus Besar Perkumpulan Pengusaha Perkebunan Bunga menggelar pertemuan besar di Bandung pada 1896 dan ketua kongres tersebut ‘menjamu’ para tamu undangan dengan banyak wanita keturunan Indonesia - Belanda. Setelah perkumpulan tersebut berakhir, istilah ‘kembangnya kota pegunungan di Hindia Belanda’ menjadi istilah yang lekat dengan Bandung.


5. Sejarah Nama Jalan Pasteur

Berkunjung ke Bandung dengan mobil, biasanya mempertemukan kita dengan pintu exit tol Pasteur. Pasteur juga merupakan salah satu nama jalan besar di Kota Bandung. Hal ini kemudian menjadi fakta unik Bandung karena nama Pasteur diambil dari seorang ilmuwan Prancis yaitu Louis Pasteur. Pasteur berhasil menemukan cara mencegah pembusukan makanan yang kemudian dikenal dengan nama pasteurisasi. Nama jalan Pasteur kemudian diambil dikarenakan keberadaan Bio Farma, salah satu BUMN vaksin dan antisera. Bio Farma awalnya bernama Lands Koepok Inrichting en het Instituut Pasteur, hal ini dikarenakan dasar penemuan vaksin di tempat ini adalah dari Louis Pasteur.


6. Di Balik Nama Seblak, Makanan Asal Bandung yang Sangat Populer

Bandung merupakan kota yang terkenal dengan kulinernya. Beberapa makanan asal Bandung juga sangat terkenal bahkan sampai seluruh Indonesia, salah satunya adalah seblak. Seblak merupakan campuran kerupuk mentah yang disiram air panas hingga basah atau direbus, kemudian dicampur dengan kuah kental pedas dan beberapa topping tambahan seperti daun bawang, bawang goreng, atau sayuran. Seblak sendiri memiliki nama yang unik. Nama ini berasal dari kata nyeblak yang berarti mengagetkan dalam bahasa Sunda. Pemberian nama ini dikarenakan kuah seblak yang sangat pedas sampai dibuat kaget ketika memakannya.


7. Fakta Seputar Ikon Kota Bandung, Gedung Sate

Ikon Kota Bandung, yaitu Gedung Sate, ternyata memiliki beberapa hal yang akan menambah seru list fakta unik Bandung. Banyak orang sering mengira nama sate diambil karena banyaknya tukang sate di sekitar gedung. Padahal, penggunaan nama sate pada gedung ini dikarenakan adanya ornamen yang mirip dengan tusukan sate pada puncak gedung. Selain itu, gedung yang diklaim dapat tahan gempa hingga 9 SR ini, memiliki lorong rahasia yang sampai saat ini belum jelas mengapa lorong tersebut telah ditutup.


8. Di Balik Julukan Bandung Lautan Api

Selain julukan Bandung kota kembang, ibukota Jawa Barat ini dikenal pula dengan sebutan Bandung Lautan Api. Bandung Lautan Api sesungguhnya adalah peristiwa sejarah. Peristiwa ini terjadi pada 1946 dimana lebih dari 200 ribu warga Bandung membakar rumah mereka untuk mencegah dijadikannya Bandung sebagai markas sekutu. Istilah Bandung Lautan Api sendiri, lahir dari tulisan berjudul Bandung Djadi Laoetan Api oleh wartawan harian Suara Merdeka bernama Atje Bastaman. Peristiwa Bandung Lautan Api ini juga melahirkan salah satu lagu yang sangat terkenal, yaitu Halo, Halo Bandung.


9. Bandung Jadi Kota Tempat Pemutaran Film Indonesia Pertama

Tahukah kamu bahwa salah satu fakta unik Bandung lainnya adalah Bandung merupakan kota di mana film pertama Indonesia pertama kali diputar? Ya, film Loetoeng Kasaroeng (Lutung Kasarung), film pertama Indonesia yang diproduksi pada 1926, pertama kali diputar di Bioskop Majestic. Film ini disutradarai dua orang Belanda, namun aktor-aktrisnya merupakan orang pribumi. Selain Loetoeng Kasaroeng, Bandung kembali menjadi tempat ditayangkannya film Indonesia kedua, yaitu Eulis Acih, yang berselang satu tahun dari Loetoeng Kasaroeng.


10. HUT Kota Bandung Sempat Dirayakan Pada 1 April

Salah satu fakta unik Bandung terdapat pada hari jadi Kota Bandung sendiri. Hari jadi yang sekarang ditetapkan pada 25 September tersebut, dulunya sempat dirayakan pada 1 April. Hal ini dikarenakan pada 1 April 1906, terjadi penetapan status Bandung sebagai Pemerintah Kota pada jaman Belanda lewat surat yang dikeluarkan Gubernur Jenderal pada saat itu. Setelah dilakukan penelitian, 25 September kemudian ditetapkan menjadi hari jadi Kota Bandung dikarenakan peristiwa Daendels menyetujui usulan dipindahkannya Kabupaten Bandung pada 1810.


11. Di Bandung, Taman Dapat Ditemukan Dimana-Mana

Taman sudah menjadi salah satu fakta unik Bandung, sebagaimana kota ini dikenal dengan inovasi infrastruktur dengan berbagai taman yang beragam. Berbagai taman cantik dapat ditemukan di Kota Bandung, diantaranya Alun-Alun Kota Bandung, Taman Balai Kota, Taman Vanda, Taman Film, sampai Taman Jomblo yang didirikan oleh Ridwan Kamil, Walikota Bandung saat itu, khusus untuk para bujang di Kota Bandung.

Mendengar bahasan seputar 11 fakta unik Bandung tadi, rasanya jadi ingin kembali berkunjung ke kota tersebut. Selain terkenal sebagai kota dengan banyak destinasi wisata, ternyata Bandung menyimpan banyak fakta-fakta unik. Mulai dari nama dan hari jadi Kota Bandung, cerita di balik ikon Kota Bandung, berbagai julukan kota Bandung yang ternyata memiliki sejarahnya masing-masing, dan beberapa hal unik seputar wisata yang dapat dilakukan di Kota Bandung. Selain menjadi saksi bisu berbagai kenangan baik penduduk maupun para pengunjung, Kota Bandung sendiri juga menjadi saksi beberapa sejarah kota, dari ranah Indonesia bahkan internasional. Dari 11 fakta unik Bandung yang telah dibahas, seberapa jauh teman BuLiBi sudah mengenal Kota Bandung?

(c) BuLiBi - [Kontributor: Amanda]


Terima kasih sudah membaca! Suka artikel ini? Silakan share di sosial media.

Baca juga:

Wajib Dikunjungi! Tempat Wisata di Jakarta

11 Fakta UnikNepal yang Harus Traveler Tahu

Tips Liburan #2 Pentingnya Liburan Ala Orang Lokal


#bulibi #bukanliburanbiasa #tipsliburan #faktaunikbandung #liburankebandung #faktaunik #bandung

Rekomendasi penginapan murah di Bandung:


  • Facebook

©2019 by Bulibi