Pecinta Kopi? Inilah 10 Kopi Terenak di Dunia yang Wajib Kamu Cicipi

Teman BuLiBi termasuk orang yang suka minum kopi? Atau bahkan minum kopi sudah menjadi rutinitas sehari-hari yang tak pernah kamu lewatkan? Ini dia daftar 10 kopi terenak di dunia yang perlu kamu coba!

Kopi Terenak di Dunia (c) Arakita Rimbayana

Kopi adalah salah satu jenis minuman yang paling sering diminum setiap harinya di seluruh dunia. Baik pada waktu senggang ataupun di saat sedang sibuk-sibuknya. Hampir setiap orang dari berbagai kalangan usia ataupun pekerjaan pasti tak bisa lepas dari minuman yang satu ini. Rasa kopi pun beragam. Ada yang rasanya pahit, manis, ataupun gabungan dari kedua rasa tersebut.

Bagi Teman BuLiBi yang termasuk pecinta kopi, pasti akan selalu penasaran dan mencari-cari kopi apa sih yang paling enak di dunia? Kalau begitu, kammu perlu tahu nama-nama kopinya. Berikut adalah daftar 10 kopi terenak di dunia yang wajib kamu coba!

1. Kopi terenak di dunia dari Indonesia: Toraja Coffee

Untuk kamu yang penasaran, ada tidak ya kopi terenak di dunia yang berasal dari Indonesia? Jawabannya: ada! Kopi Toraja namanya. Berbeda dari kopi lainnya yang ditanam di tanah vulkanik, Kopi Toraja ditanam di tanah marine. Nah, karena itulah aroma Kopi Toraja ini memiliki ciri khas yang membuatnya unik dan berbeda dari kopi lainnya.


Kadar asamnya yang rendah membuat Toraja Coffee dapat dinikmati oleh siapapun. Selain itu, rasa pahit dan asamnya yang menyatu membuat Kopi Toraja ini memiliki cita rasa yang unik. Bagi yang mau mencicipi, kopi ini sudah ada di kedai kopi ternama yang ada di seluruh dunia. Jadi, tak perlu khawatir akan kesulitan saat mencarinya, ya!

2. Kenya AA Coffee

Kopi terenak di dunia yang satu ini berasal dari Kenya, Afrika Timur. Nama kopi ini sudah sangat terkenal di dunia. Apalagi bagi para pecinta kopi, pasti sudah banyak orang yang sering mendengarnya.


Kenya AA Coffee yang berjenis arabica ini, memiliki sensasi rasa buah-buahan seperti buah beri, dan sebagainya. Warna biji kopinya juga sangat cerah. Aromanya pun harum. Mungkin karena rasanya yang enak dan aromanya itulah yang menjadikan kopi ini semakin dicari-cari oleh para penyuka kopi, ya?

3. Guatemalan Antigua Coffee

Sudah pernah mendengar tentang Guatemalan Antigua Coffee? Kopi ini berasal dari Guatemala di Amerika Tengah. Ditanamnya pun di tanah yang ideal untuk kopi. Rasanya yang kaya akan rempah-rempah dan tekstur dari kakaonya, turut menambah kenikmatan Guatemalan Antigua Coffee ini.


Kopi ini termasuk jenis kopi arabica. Varietasnya ada dua yaitu Bourbon dan Caturra. Sedangkan ciri khas dari Guatemalan Antigua Coffee ini adalah aromanya yang bercampur antara flora dan citrus. Bagi yang bingung roaster tipe apa yang cocok dengan kopi yang satu ini, Teman BuLiBi bisa memilih tipe medium. Menurut berbagai review, tipe medium kopi memiliki rasa yang paling enak dari pada tipe lainnya.

4. Kopi terenak di dunia: Colombian Coffee

Teman BuLiBi sudah tahu belum kalau Colombian Coffee ini termasuk salah satu kopi yang diproduksi terbesar di dunia? Ya, Colombia merupakan produsen kopi terbesar nomer tiga di dunia. Hebat, bukan?


Colombian Coffee ini digadang-gadang sebagai kopi yang paling banyak dicari-cari oleh orang-orang di dunia. Rasanya yang ringan dan kadar kepahitannya yang tak terlalu tinggi menjadikannya salah satu kopi paling enak di dunia.


Colombian Coffee ini termasuk jenis kopi robusta. Dua tingkatan kopi yang menjadi favorit orang-orang sampai seluruh dunia adalah Colombian Supremo dan Excelso Grade. Bagi Teman BuLiBi yang suka kopi dengan rasa agak manis dan bersifat lembut, kamu akan suka jika mencoba Colombian Supremo. Nah, sedangkan bagi kamui yang suka kopi berasa asam, bisa coba Excelso Grade.

5. Kona Coffee

Kopi terenak dunia selanjutnya adalah Kona Coffee. Kopi yang satu ini berasal dari Pulau Hawaii. Hanya bisa tumbuh di tanah Hawaii, Kona Coffee pun dinobatkan sebagai kopi terlangka di dunia.

Kona Coffee ini ditanam di lereng Mauna Loa. Selain di lereng tersebut, kopi ini juga ditanam di Gunung Berapi Hualalai. Biji kopinya dikelola sedemikian rupa agar selalu mendapatkan kualitas yang sempurna.


Rasa kopi yang berasal dari Hawaii ini merupakan perpaduan dari rasa manis, creamy dan smooth. Saat menyeduh Kona Coffee, kamu juga akan merasakan bahan-bahan yang tercampur secara merata di dalamnya seperti gula merah, coklat susu, madu dan berbagai jenis buah lainnya. Membuatmu ingin mencicipinya, bukan?

6. Ethiopia Yirgacheffe Coffee

Kopi terenak di dunia selanjutnya yaitu Ethiopia Yirgacheffe Coffee. Rasanya yang manis dan aromanya yang wangi menjadikan kopi yang berasal dari Ethiopia ini diminati oleh banyak orang. Selain itu, bagi kamu yang belum mengetahui lebih dalam tentang Ethiopia Yirgacheffe Coffee, ternyata kopi ini termasuk ke dalam jajaran kopi terbaik di dunia.


Kopi yang berasal dari Ethiopia ini, diproses menggunakan metode basah. Apa sih metode basah itu? Metode basah adalah metode pembuatan kopi yang diproses dengan cara dicuci terlebih dahulu. Setelah itu, biji kopi itu akan dikeringkan dengan cara dijemur. Untuk tingkat keasamannya, Ethiopia Yirgacheffe Coffee ini terbilang ringan. Jadi, sangat cocok untuk kamu yang belum terbiasa untuk meminum kopi yang tingkat keasamannya tinggi.

7. Turkish Coffee

Turkish Coffee adalah kopi terenak di dunia dengan karakter yang unik. Baik dari rasa maupun aromanya. Kopi yang berasal dari Turki ini cocok bagi kamu yang termasuk orang yang menyukai kopi berwarna pekat dan memiliki rasa yang kuat.


Kopi ini dibuat dengan menggunakan alat dan bejana khusus. Alat yang dipakai untuk menggiling biji kopinya disebut dengan kahve değirmeni. Sedangkan bejananya disebut ibrik. Cara membuatnya yaitu digiling, lalu dimasukkan ke bejana yang dipanaskan dengan api sampai mendidih. Biasanya Turkish Coffee ini disajikan dengan air putih. Penasaran kenapa disajikan dengan air putih? Air putih itu digunakan untuk menghilangkan rasa kuat dari kopi yang tertinggal di langit-langit mulut. Jadi, tidak perlu khawatir rasa akan tertinggal lama di mulut jika sudah minum air putih setelahnya.

8. Tanzania Peaberry Coffee

Tanzania Peaberry Coffee termasuk salah satu kopi terenak di dunia yang tumbuh di Gunung Semeru dan Gunung Kilimanjaro. Kopi yang satu ini tergolong ke dalam jenis kopi arabica yang cerah. Rasanya bercampur dari asam hingga manis. Sedangkan teksturnya bisa dikatakan cukup kental.


Tanzania Peaberry Coffee memiliki campuran berbagai rasa yang merata seperti kismis, coklat dan juga rasa pahit dari kopi. Untuk roast terbaiknya adalah medium. Karena saat medium aromanya akan menjadi bermacam-macam seperti aroma floral, nanas, jeruk, kelapa, bahkan anggur.

Jika sampai dimulut, kopi ini akan terasa lembut. Berbeda dari Turkish Coffee yang rasanya pekat dan menempel di langit-langit mulut. Jadi, kopi yang satu ini sangat cocok bagi kamu pecinta kopi yang rasanya lembut.

9. Kopi terenak di dunia: Nicaraguan coffee

Nicaraguan Coffee ini termasuk kopi yang peringkatnya tinggi di Amerika Tengah. Setelah kamu roast hingga warnanya kegelapan, Teman BuLiBi bisa merasakan rasa coklat dan buah dari kopi ini.

Kopi yang berjenis robusta ini banyak ditanam di daerah Nueva Guinea, Nicaragua. Seperti beberapa kopi terenak di dunia lainnya, Nicaraguan Coffee ini memiliki rasa yang manis dan bau yang harum. Jadi, pantas saja kepopulerannya sudah sangat mendunia terutama bagi para pecinta kopi.

10. Jamaican Blue Mountain Coffee

Kopi terenak di dunia yang terakhir yaitu Jamaican Blue Mountain. Seperti namanya kopi ini berasal dari puncak Blue Mountain yang terletak di Jamaika. Bagi kamu yang belum tahu, Jamaican Blue Mountain Coffee ini jumlah produksi per tahunnya terbatas. Kenapa begitu? Hal ini dikarenakan dibutuhkan waktu dua kali lebih lama untuk menunggu biji kopi ini matang dibanding biji kopi pada umumnya.


Untuk Teman BuLiBi yang penasaran akan rasa dari kopi ini, Jamaican Blue Mountain Coffee ini termasuk manis. Sehingga kamu tidak perlu menambahkan susu atau gula lagi ketika akan meminumnya.

Bagaimana? Apa kamu sudah tertarik untuk mencoba kopi-kopi terenak di dunia tadi? Bagi Teman BuLiBi yang masih bingung belinya dimana, kopi-kopi tersebut mudah ditemukan kok! Ada yang dijual secara online maupun secara langsung di berbagai kedai kopi yang sudah terkenal dan tersebar luas di dunia seperti Starbucks. Harga kopinya juga bervariasi. Tergantung tingkat kesulitan dan waktu yang digunakan dalam proses pembuatannya dan juga langka atau tidaknya biji kopi tersebut.


Kopi terenak yang telah disebutkan di atas jenisnya beragam. Mulai dari arabica, robusta, dan sebagainya. Aftertaste dari kopi-kopi tersebut juga bermacam-macam. Ada yang manis dan ada juga yang pahit. Selain itu, ada pula yang rasanya tertinggal lama di mulut. Jadi, tinggal pilih mana yang sesuai dengan seleramu!

© BuLiBi – [Kontributor: Nadhirah | Editor: Karina Ovelia]


Suka dengan artikel ini? Silakan share ke media sosialmu!


Baca juga:

Wine Tasting Di Chile? Ini Panduan Lengkapnya

Comuna 13 Medellin: Tur Grafiti dengan Sejarah Kriminal dan Narkoba



#bulibi #bukanliburanbiasa #tipsliburan #kopi #kopiterenakdidunia

  • Facebook

©2019 by Bulibi