Daftar Kota Tua di Indonesia

Kota Tua menyimpan sejarah dan cerita. Yuk, kunjungi satu per satu melalui daftar Kota Tua di Indonesia berikut!

Daftar Kota Tua di Indonesia (c) SwakelolaSayang

Teman BuLiBi tentunya tahu bahwa Indonesia punya sejarah yang panjang dan berliku untuk diceritakan. Nusantara kita yang diapit oleh dua benua dan dua samudera telah menjadikan wilayah Indonesia sebagai kepulauan yang sering didatangi dan disinggahi oleh saudagar, pedagang, bahkan penjajah yang ingin menguasai wilayah nusantara. Terlebih lagi kekayaan alam Indonesia yang tiada duanya dibanding wilayah atau negara lain, semakin membuat banyak pendatang yang hidup dan berkembang di Indonesia. Mereka menetap dan tinggal di wilayah Indonesia dengan meninggalkan jejak-jejak kehidupan masa lampau, salah satunya adalah kota-kota tua yang tersebar di penjuru Indonesia. Mari kita lihat daftar Kota Tua di Indonesia!


Munculnya Kota Tua di penjuru Indonesia

Bukan tanpa sebab kota di masa lalu tumbuh pesat dan didominasi oleh bangunan gaya lama yang terawat hingga saat ini. Sebagian besar arsitekturnya bergaya oriental dan Eropa, persis seperti di zaman para pendatang terdahulu yang menguasai titik penting di daerah Indonesia.


Sebut saja Kota Batavia atau Kota Palembang yang menjadi titik perekonomian dengan sumber daya yang melimpah dan tempat berlabuhnya kapal-kapal dan aktifitas laut yang sangat padat pada masanya. Kita juga bisa ambil contoh Kota Tua Singkawang yang sangat kental oleh budaya Tiongkok. Kawasan tersebut sudah menjadi pusat perdagangan, jual beli rempah dan kain di masa lalu.


Kota tua yang terkenal di Indonesia

Kami akan ajak Teman BuLiBi semua untuk mengenal lebih dekat Kota-kota Tua yang tersebar di Indonesia. Ini juga bisa kalian jadikan referensi untuk rencana liburan kalian setelah masa New Normal ini. Yuk, kita simak!

1. Kota Tua Jakarta

Mendapat julukan “Permata Asia” dan “Ratu dari Timur” pada abad ke-16, Batavia dulunya merupakan kota terbesar yang menjadi pusat perdagangan dan sumber daya bagi para pendatang dari penjuru dunia. Oud Batavia (Batavia Lama) atau Kota Tua Jakarta ini memiliki luas 1,3 km dan berada di daerah Jakarta Utara dan Jakarta Barat.


Saat ini, kamu bisa melihat berbagai bangunan tua seperti Gedung Arsip Nasional, Museum Fatahillah, Wihara dharma Bhakti, Gereja Sion, Masjid Sunda Kelapa, Museum Seni Rupa dan Keramik, Museum Bank Indonesia, Museum Bank Mandiri, Pecinan Glodok dan Pinangsia dan masih banyak lainnya. Suasana bangunan lama yang masih kental membuat banyak spot instragramable untuk bisa jadi background foto-fotomu.

2. Kota Lama Semarang

Kalau Teman BuLiBi sedang berada di Semarang, sempatkanlah untuk mengunjungi Little Netherland. Kawasan tersebut penuh dengan bangunan lama sisa-sisa kolonial Belanda abad ke-17. Di sekitar sini terdapat sekitar 50 bangunan tua yang digunakan sebagai kantor dan pusat dagang untuk area Jawa Tengah. Namun saat ini telah berubah fungsi menyesuaikan kebutuhan zaman.


Selain gedung-gedung tua yang penuh dengan ornamen Eropa, seperti pintu dan jendela yang besar, penggunaan kaca patri, atap yang unik dan ruang bawah tanah merupakan ciri khas bangunan-bangunan tersebut. Beberapa objek wisata yang bisa dilihat di kawasan ini antara lain: Gereja Plenduk, Polder Air Tawang, Stasiun Tawang, Pabrik Rokok Praoe Lajar, dan persimpangan di tengah kota lama. 3 km dari Kota Lama. Kalian juga bisa mengunjungi Bangunan Lawang Sewu yang terkenal akan banyaknya pintu di bangunan tersebut dan cerita horornya.

3. Kota Tua Medan

Kota Medan juga memiliki cerita masa lalu yang kuat, terbukti dari banyaknya gedung-gedung lama yang tersebar di kota tersebut. Sebagian besar gedung-gedung tua ini masih dalam kondisi terawat dan layak dikunjungi, di antaranya : Gedung London Sumatera (LonSum), Gedung balai kota lama, Gedung kantor pos lama, Jembatan Titi Gantung, Istana Maimun, Kediaman Tjong A Fie, Menara Gor Tirtanadi, dan masih banyak lainnya.


Bagi kamu yang ingin mengabadikan foto wisata di kota tua ini bisa berkunjung di siang maupun malam hari. Sama-sama serunya! Tapi kalau kamu mau masuk ke dalam lokasi-lokasi tersebut, ada baiknya datang di siang hari, karena banyak dari bangunan tersebut yang hanya buka sampai sore hari.

4. Kota Tua Singkawang

Kalau beberapa kota tua di Indonesia didominasi oleh bangunan ala Eropa, hal yang berbeda akan kamu temukan di Singkawang. Bangunan-bangunan lama yang berdiri kokoh selama ratusan tahun di sini berornamen oriental.


Singkawang berada di Kota Pontianak, kota pelabuhan yang sangat ramai pada masanya. Orang Tiongkok berbondong-bondong datang untuk berbisnis dan bahkan menetap di daerah tersebut. Wisata budaya dan kuliner adalah hal terbaik yang bisa kamu dapatkan di sini. Bangunan yang ada akan membawamu kembali ke masa lalu. Cocok untuk jadi koleksi halaman beranda sosial media teman BuLiBi.


Yang paling terkenal di Singkawang antara lain : wihara tri darma bumi raya, kawasan rumah keluarga Tjhia, Bioskop Metropole, Masjid Raya Singkawang dan kawasan Pasar Singkawang.

Kami sarankan Teman BuLiBi untuk datang di masa imlek atau Cap Go Meh untuk suasana dan pengalaman yang luar biasa.

5. Kota Tua Yogyakarta

0 Km Jogjakarta adalah titik yang tidak boleh dilewatkan ketika kamu sudah sampi di Jogja. Titik Nol KM Jogja merupakan objek wisata yang selalu ramai di siang dan malam. Bangunan tua yang kokoh dan masih digunakan tertata rapi di setiap sudutnya, mulai dari Gedung Agung yang saat ini digunakan senagai istana kepresidenan, sampai ke benteng Vredeburg, Gedung Bank Indonesia, Kantor Pos, dan Bank BNI yang semua mempertahankan ornamen dari bangunan sisa peninggalan Belanda.


Tidak jauh dari Kota Tua ini juga terdapat Alun – Alun Keraton Jogjakarta yang bisa diakses dengan jalan kaki saja. Sangat sayang untuk dilewatkan apabila sudah datang ke Jogjakarta. Seperti banyak lagu yang diciptakan tentangnya, Jogjakarta akan menjadi kenangan manis untuk setiap orang yang menginjakkan kakinya disana.


Tips berkunjung ke Kota Tua

Sebenarnya banyak kota tua lain yang tersebar di Indonesia. Jangan terpaku di 5 titik di atas saja ya Teman BuLiBi. Yang jelas, ketika kamu pergi berwisata ke Kota Tua dimana pun di Indonesia, pastikan untuk mengantongi tips berikut ini:

Memahami peta Kota Tua

Kadang Kota Tua memiliki jangkauan wilayah yang cukup luas. Pastikan kamu tidak melewatkan spot-spot penting yang ada di sana. Cari tahu juga tahu tempat-tempat penting yang harus kamu kunjungi.

Dipandu oleh Local Guide

Ini penting kalau kamu ingin mengetahui lebih dalam soal kawasan kota tua tersebut. Selain memanjakan mata dengan bangunan megah dan penuh sejarah, wawasanmu juga pasti akan bertambah dengan informasi yang disampaikan oleh guide secara detail.

Hati hati dengan barang bawaan

Seperti tempat wisata lainnya, banyak orang-orang yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan kelengahan wisatawan yang terpukau oleh pesona kota tua. Jadi jangan biarkan kamu menjadi korban kelalaianmu sendiri, ya.

Menyiapkan uang pas

Walau tidak semua tempat mengharuskan kamu untuk membayar uang masuk, sebaiknya kamu tetap menyediakan uang pas agar nanti kamu tidak kebingungan. Beberapa spot memberlakukan tiket masuk, seperti museum atau benteng peninggalan Belanda.

Indonesia adalah negara yang sangat kaya sumber daya alam dan manusianya. Kota Tua di Indonesia menjadi bukti di mana masing-masing wilayah punya Kota yang menunjang aktifitas ekonomi dan perdagangan. Sayang sekali jika kita sebagai generasi muda abai untuk melestarikan apa yang sudah ada. Jadikan Kota Tua sebagai list liburanmu selanjutnya, ya!

(c) BuLiBi - Kontribusi: Alif Rahmadanil

Terima kasih sudah membaca! SIlakan share artikel ini di sosial media.

Baca juga:

Tips Liburan #1: Ke Negara Bebas Visa

Wajib Dikunjungi! Tempat Wisata di Jakarta

Daftar Penginapan Di Indonesia

Liburan ke Bali Wajib ke 5 Tempat Ini!

#bulibi #bukanliburanbiasa #tipsliburan #WisataKotaTua #KotaTua #WisataSejarah #daftarkotatuadiindonesia

  • Facebook

©2019 by Bulibi