Wajib Tahu! 5 Coban di Jawa Timur

Kamu mau melihat keindahan alam? Coba pergi ke beberapa coban di Jawa Timur ini! Keindahannya akan membuat siapapun yang ke sana menjadi terpukau!

Coban di Jawa Timur (Photo by Ryan Z on Unsplash)

Teman BuLiBi sudah tahu belum arti dari kata coban? Bagi kamu yang belum tahu, kata coban ini diambil dari bahasa Jawa. Jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia, coban memiliki arti air terjun.

Bagi kamu yang belum pernah berkunjung ke air terjun, mengunjungi 5 coban di Jawa Timur ini bisa jadi pilihan awal yang tepat. Suara air mengalir dengan deras sekaligus mampu menyejukkan hati para pengunjung menyatu dengan sempurna. Dijamin saat melihatnya, pandanganmu tentang berkunjung ke air terjun akan berubah seketika! Kamu juga akan menjadi lebih rileks dan merasa segar. Pikiran pun menjadi semakin tenang dan serasa diisi ulang kembali. Semakin penasaran akan keindahannya? Yuk lihat daftar coban di Jawa Timur yang wajib kamu ketahui!


Coban di Jawa Timur: Tirto Galuh

Coban Tirto Galuh ini berada di Bakung, Blitar. Penduduk setempat lebih mengenalnya dengan nama Kedung Malang. Apa sih keunikan Coban Tirto Galuh jika dibandingkan dengan coban lainnya? Batu-batu berwarna putih yang dipadukan dengan warna kehijauan dari rumput-rumput di sekitarnya menjadi ciri khas dari Coban Tirto Galuh. Saat aliran air tidak begitu deras, kamu bisa melewati bagian atas air terjun. Menarik, kan?


Baik dengan mobil atau motor, Teman BuLiBi akan membutuhkan waktu sekitar 45 menit untuk sampai ke gerbang coban dari stasiun Kota Blitar. Setibanya di gerbang, kamu akan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki sejauh 300-500m untuk sampai ke air terjun. Coban Tirto Galuh cocok untuk kamu yang suka suasana agak sepi, karena masih belum banyak orang yang tahu tempat ini.


Coban Sumber Pitu Tumpang

Coban Sumber Pitu ini memiliki keunikan tersendiri yang membuatnya berbeda dengan coban lainnya. Sesuai dengan namanya, coban yang terletak di Desa Krajan, Kecamatan Tumpang, Malang ini memiliki tujuh aliran air. Bagi yang belum tahu, kata pitu dalam bahasa Jawa berarti angka tujuh.

Jarak antar aliran air terbilang cukup dekat karena ketujuhnya bersumber dari mata air yang sama. Sumber air yang ada juga sangat jernih dan bersih. Hal tersebut menambah daya tarik coban ini untuk dikunjungi oleh para wisatawan.


Akses menuju Coban Sumber Pitu Tumpang agak terjal. Bagi Teman BuLiBi yang suka trekking, pasti akan menikmati perjalanan untuk sampai ke coban. Dari area parkir hingga lokasi coban, kamu harus melewati jalan yang terbilang cukup ekstrim dan memakan waktu selama 30 menit. Untuk kamu yang tidak terlalu suka trek ekstrim, perlu menantang diri sendiri dan bersabar sedikit. Kesulitan dan usaha kalian di perjalanan akan terbayar dengan pemandangan luar biasa setibanya di air terjun yang satu ini.


Coban Nglirip Tuban

Sudah pernah dengar belum tentang coban yang satu ini? Coban Nglirip Tuban memiliki pemandangan yang menyejukkan mata. Dari atas, terlihat air mengalir dari tebing menuju ke kolam berwarna biru yang sangat jernih. Di sekeliling kolam terdapat pepohonan dan batu-batu putih yang mempercantik coban, Tinggi air terjun ini sekitar 30 meter dan lebarnya mencapai 28 meter. Cukup besar dan lebar, bukan?


Bagi Teman BuLiBi yang berencana untuk ke sini, lebih baik berkunjung saat musim kemarau. Jalanan yang tidak licin dan air yang terlihat lebih jernih akan memaksimalkan pengalamanmu berkunjung ke Coban Nglirip. Jika kamu menginginkan suasana yang tenang, hindari berkunjung saat musim liburan. Saat liburan, biasanya tempat ini sangat ramai dikunjungi wisatawan, keadaan ini justru bisa membuatmu tidak bisa menikmati keindahan Coban Nglirip dengan tenang.


Coban Tumpak Sewu Lumajang

Coban Tumpak Sewu ini sering dikunjungi oleh para wisatawan dari dalam maupun luar negeri. Tebingnya yang sangat tinggi membuat aliran airnya deras mengalir dari atas hingga ke bawah tebing. Nuansa warna hijau dan abu-abu pada tebing terasa menyatu dan membuat suasana alaminya semakin terasa.


Jika kamu bisa mengambil foto dari atas, kamu bisa mengabadikan pemandangan Coban Tumpak Sewu yang dikelilingi pepohonan lebat menyatu dengan pemandangan Gunung Semeru yang menjulang di baliknya. Sudah terbayang kan betapa spektakulerya pemandangan yang ada di sana?


Jalur untuk menuju Coban Tumpak Sewu ada dua. Bisa melewati jalur atas atau jalur bawah, tergantung keinginan masing-masing. Baik melalui jalur atas maupun bawah, Teman BuLiBi harus selalu berhati-hati ya! Keduanya sama-sama menantang dan memerlukan kewaspadaan yang cukup tinggi agar senantiasa selamat dalam perjalanan. Kami juga menyarankan kamu untuk menggunakan alas kaki yang nyaman dipakai untuk trekking. Agar tidak mudah lelah dan aman.


Coban di Jawa Timur: Little Niagara

Saat mendengar namanya, mungkin Teman BuLiBi akan teringat Air Terjun Niagara yang berada di Amerika Serikat. Ya, coban yang berada di Bondowoso ini memang terlihat seperti Air Terjun Niagara. Nah, untuk kata “little” nya sendiri dikarenakan aliran yang ada di coban ini tidak sebesar Air Terjun Niagara.


Air terjun Little Niagara ini tak kalah indah dengan coban lainnya. Airnya mengalir dengan melewati bebatuan berundak yang bentuknya seperti tangga, membuat air terjun ini tampak makin mempesona. Tumbuhan-tumbuhan hijau yang berada di sekelilingnya pun membuat suasana terasa asri dan segar.


Nah, bagi kalian yang ingin berfoto dengan latar belakang air terjun ini, bisa menuju ke jembatan atau mendekat ke samping air terjun. Dari kedua sisi tersebut, kamu bisa mendapat hasil foto yang maksimal untuk menambah foto di feed Instagrammu.


Teman BuLiBi yang ingin berkunjung ke coban di Jawa Timur, bisa memilih untuk pergi ke tempat-tempat diatas. Atau bagi kamu yang ingin tahu coban lainnya yang tak kalah menarik, bisa coba berkunjung ke Coban Putri di Batu, Coban Sumber Telu di Lumajang, Coban Madakaripura Probolinggo, Air Terjun Toroan di Ketapang dan juga Air Terjun Kembar Arum yang berlokasi di Banyuwangi. Bentuk air terjunnya juga unik-unik dan pastinya, tidak kalah indah.


Kamu juga bisa berkunjung ke beberapa coban yang jaraknya berdekatan. Kamu hanya perlu mempertimbangkan waktu perjalanan yang akan ditempuh ya! Tertarik melihat keindahan coba secara langsung? Ayo, segera mampir!

© BuLiBi – [Kontributor: Nadhirah | Editor: Karina Ovelia]


Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca! Jika kamu suka, boleh kok share di social mediamu!


Baca juga:

Tips Liburan #2 Pentingnya Liburan Ala Orang Lokal

5 Tempat Wisata di Surabaya ini Wajib Dikunjungi

Cerita Bukan Liburan Biasa: Liburan Murah Tapi Seru di Malang


#bulibi #bukanliburanbiasa #tipsliburan #cobanjawatimur #coban #airterjun #jawatimur

Cari tiket murah ke Jawa Timur:


4 tampilan
  • Facebook

©2019 by Bulibi