Cerita Tahun Baru di Santiago, Chile

Diperbarui: Feb 12

Happy New Year, Teman BuLiBi!

Selamat tahun baru dari tim Bukan Liburan Biasa di Santiago, Chile! (c) Arakita Rimbayana

Setiap tahun kita merayakan datangnya tahun baru. Kali ini, di tahun 2020, kita juga merayakan dekade baru. Bagaimana kilas balik 10 tahun ke belakang? Biasa-biasa saja? Rasanya seperti baru kemarin? Atau justru sudah banyak yang kamu tempuh?


Tim BuLiBi merayakan dekade baru ini di Santiago, Chile. Beribu-ribu kilometer dari tanah air. Karena Chile adalah salah satu negara bebas visa untuk pemegang paspor Indonesia, kami bisa tinggal di sini sampai 6 bulan (baca info selengkapnya di artikel Tips Liburan #1). Bagaimana nuansa tahun baru di Santiago, Chile? Simak cerita bukan liburan biasa kami berikut ini!


Seperti hari libur pada umumnya, orang-orang di Santiago, Chile merayakan malam tahun baru bersama keluarga. Pagi hari tanggal 31 Desember, suasana kota begitu sepi. Meskipun tim BuLiBi tinggal di pusat kota metropolitan Santiago, tepat di samping stasiun kereta bawah tanah (metro), kami melihat tidak banyak kendaraan berlalu-lalang. Kebanyakan orang menghabiskan waktu di rumah, mempersiapkan makan malam besar-besaran bersama keluarga. Jadi, mereka yang keluar rumah umumnya pergi berbelanja bahan masakan di pasar dan supermarket terdekat.


Apakah ini the calm before the storm, nuansa damai sebelum hiruk-pikuk dimulai di malam hari?


Jawabannya: TIDAK.


Secara umum di Chile, malam Tahun Baru adalah waktunya bersama keluarga, begitu juga dengan mbak-mbak dan mas-mas yang bekerja di sektor bisnis dan jasa. Semua diliburkan agar bisa menghabiskan waktu bersama keluarga.


Alhasil, semua toko, restoran, bar, bahkan mall pusat perbelanjaan pun tutup jam 6 sore. Bahkan ada yang tutup satu jam lebih awal. Jalanan perkotaan Santiago, Chile berubah jadi sepi.


Malam Tahun Baru Yang Sepi di Chile (c) Arakita Rimbayana

Percaya atau tidak, foto di atas diambil beberapa saat menjelang tahun 2020. Ini di salah satu kawasan pusat kota, tapi lihat jalanan yang kosong melompong. Bahkan taman yang sekaligus merupakan stasiun kereta bawah tanah pun sepi.


Saat jam berdentang menunjukkan pukul 12 malam dan dekade berganti, sayup-sayup terdengar letusan kembang api di kejauhan, tapi tidak ada yang semarak dan menjulang tinggi di atas gedung-gedung apartemen kota Santiago. Orang-orang berdiri di luar balkon dan berseru "¡Feliz Año Nuevo!", tetapi jalanan tetap sepi. Aneh memang.


Selidik punya selidik, biasanya pemerintah Chile mengadakan pesta kembang api resmi di salah satu menara di kota Santiago, di Entel Tower tepatnya. Menara ini cukup tinggi dan penduduk bisa menyaksikan pesta kembang api dari rumah masing-masing. Atas alasan tertentu (kemungkinan karena banyaknya demo dan protes yang mewarnai negara ini beberapa bulan belakangan), pesta kembang api resmi ini dibatalkan.

Jadi, kalau teman BuLiBi kebetulan sedang bukan liburan biasa di Santiago, Chile di malam tahun baru, jangan harap bisa merayakan pesta di jalanan. Beberapa bar hotel tetap buka untuk perayaan malam tahun baru di Santiago, Chile, tapi bar-bar tersebut tergolong mahal dan kamu harus reservasi jauh-jauh hari.


Kalau kamu keukeuh mau cari pesta tahun baru di Santiago, Chile, kamu bisa tunggu tengah malam datang dan telusuri jalanan perkotaan Santiago untuk cari bar lokal yang sengaja buka tengah malam sampai pagi. Sebaiknya bawa kendaraan sendiri ya, karena stasiun kereta di sini tutup jam 10:30 malam.


Keesokan harinya, tanggal 1 Januari, jalanan perkotaan Santiago semakin sepi. Sepertinya orang-orang memanfaatkan waktu libur ini untuk beristirahat di rumah masing-masing.


Kesimpulannya, tidak ada yang begitu spesial di malam tahun baru Santiago, Chile tahun ini. Tapi buat penggila pesta, kamu bisa ikutan cara unik penduduk lokal yang nongkrong di bar dari tengah malam sampai pagi.


"¡Feliz Año Nuevo!" - (Bahasa Spanyol)

0 tampilan
  • Facebook

©2019 by Bulibi