Cerita Bukan Liburan Biasa: Memilih 4 Tipe Akomodasi di Luar Negeri

Halo, teman Bulibi! Tim Bukan Liburan Biasa berbagi cerita dengan salah satu teman setia kita, Olivia Purba. Olivia seorang travel addict yang sudah keliling ke 52 negara di 6 benua. Kali ini dia berbagi tips soal memilih akomodasi di luar negeri. Simak ceritanya!

BuLiBi: Apa yang harus teman BuLiBi perhatikan dalam memilih akomodasi di luar negeri?

Olivia: Pernah bingung pas trip ke luar negeri mau nginap di mana? Sama! Walaupun udah traveling ke 52 negara di 6 benua, saya masih sering bingung milih akomodasi di luar negeri. Setiap jenis akomodasi punya keunggulannya masing-masing dan belum tentu juga sesuai untuk semua orang. Fasilitas dan layanan harus disesuaikan dengan prefesi gaya traveling atau tujuan traveling kita.

Agar bisa memilih akomodasi yang sesuai dengan kebutuhanmu selama masa liburan, ada baiknya kamu mengenal gaya travelingmu terlebih dahulu, baru kemudian menentukan jenis akomodasi yang tepat. Apalagi kalau mau liburan ke luar negeri, harus dipertimbangkan baik-baik ya. Nah, saya mau share 4 jenis akomodasi di luar negeri yang bisa kamu pilih.


BuLiBi: Siap! Kita mulai dengan hotel. Apa alasan memilih hotel?

Olivia: Hotel cocok untuk kamu yang mau liburan nyaman anti ribet. Hotel menjadi salah satu jenis akomodasi paling populer, hampir setiap kota, apalagi kota-kota besar yang di dalamnya banyak destinasi wisata populer pasti punya beragam pilihan hotel. Hotel juga kerap punya fasilitasnya lengkap, mulai dari kamar mandi dalam, jasa housekeeping, antar-jemput bandara, sampai sarapan dengan menu-menu yang beragam.


Belum lagi adanya jasa laundry, pusat kebugaran, fasilitas pijat atau spa, dan kolam renang. Hotel adalah jenis akomodasi di luar negeri paling mudah untuk dijumpai. Kualitas dan fasilitas yang disediakan pasti membuat kenyamananmu lebih terjamin.


Namun harga yang dipatok untuk hotel juga lebih mahal kalau dibanding dengan tipe penginapan lainnya. Apalagi, kalau kamu memilih hotel dengan fasilitas super lengkap dan hotelnya yang bertaraf bintang 5, siap-siap deh untuk menyiapkan uang ekstra buat liburanmu kali ini. Kecuali, kalau kamu memang sudah punya niatan dari awal untuk mencoba liburan mewah dengan akomodasi yang juga nyaman. Sesekali gak apa kan.


Saya sendiri suka booking hotel di booking.com karena saya suka berubah pikiran dan menemukan hotel lain yang lebih seru di tempati. Di booking.com ada fasilitas gratis pembatalan! Cocok banget untuk syarat visa yang kadang mewajibkan kita sudah punya bookingan hotel dulu. Jaga-jaga kalau visanya gak di approve. Booking.com juga sangat flexible dalam hal pembatalan lho! Simak pengalaman saya berhasil dapat full refund booking.com gara-gara covid di artikel ini.


PS: Olivia memilih Hompton by the Beach di Penang, Malaysia sebagai salah satu akomodasi di luar negeri. Cek tarif hotel Hompton by the Beach termurah di sini!


BuLiBi: Setuju! Apa pilihan akomodasi di luar negeri selanjutnya?

Olivia: Ingin traveling lebih hemat? Hostel bisa jadi pilihan yang tepat. Hostel memang identik dengan para travelers yang ingin menghemat pengeluaran saat liburan. Kamar hostel biasanya terdiri dari kasur bertingkat, loker backpack, ruangan bersama yang biasanya digunakan untuk menonton TV, dapur, dan kamar mandi bersama. Selain itu, akhir-akhir ini kebanyakan hostel juga menyediakan fasilitas Wi-Fi dan laundry. Nah, kalau kamu senang berkenalan dengan orang-orang baru sekaligus berbagi pengalaman bersama traveler lain, hostel adalah pilihan yang pas. Hanya saja, kamu harus ekstra waspada menjaga barang bawaan karena ruangannya yang semi privat dan berbaur dengan orang-orang baru.


Sebelum memutuskannya sebagai akomodasi luar negeri yang tepat untukmu, ada beberapa hal yang patut untuk dipertimbangkan. Cek lebih dulu hostel yang akan kamu pilih, apakah hostel tersebut memang bangunan khusus hostel, atau jangan-jangan adalah rumah warga yang kemudian disewakan sebagai hostel? Kalau hostel tersebut adalah rumah orang, tentu kamu harus bersiap untuk membawa beberapa perlengkapan sendiri, contohnya bekal makanan. Karena, bisa saja kan sang pemilik menyewakan rumah kosongnya tanpa dilengkapi dengan pelayanan khusus.


Sebaiknya, kamu cari tahu lebih banyak tentang hostel yang akan kamu tinggali selama liburan ke luar negeri. Salah satu caranya dengan melihat banyak ulasan dari orang-orang yang sebelumnya pernah menginap di tempat tersebut lewat internet. Di booking.com kamu juga bisa cari berbagai jenis hostel, lho! Pilihannya banyak!


BuLiBi: Kalau mau pilihan yang lebih murah?

Olivia: Airbnb, akomodasi di luar negeri yang gak bikin kantong bolong. Penginapan Airbnb adalah rumah yang disewakan oleh sang pemilik untuk umum via aplikasi Airbnb. Kalau kamu buka situs Airbnb, di sana kamu bisa milih macam-macam penginapan yang sesuai dengan selera dan budget di kantong. Setelah menemukan yang cocok, selanjutnya kamu harus registrasi dan melakukan pembayaran, tidak beda kok caranya seperti kalau daftar dan booking hotel atau hostel lewat aplikasi.


Airbnb lebih terasa seperti nginap di rumah teman, dan yang harus kamu ingat adalah, tidak selalu semua penginapan di Airbnb menyediakan sarapan dan tidak ada pelayanan housekeeping. Kadang kamu juga bisa tinggal serumah dengan pemiliknya, bisa jadi penginapan tersebut bagus dan bersih banget atau mungkin juga kurang karena tergantung pemiliknya.


Lalu apa yang jadi kelebihan salah satu jenis akomodasi di luar negeri yang satu ini? Biasanya penginapan Airbnb punya lebih banyak pilihan lokasi dan model penginapannya. Nah, jenis penginapan seperti ini pasti cocok untuk kamu yang suka mencari pengalaman baru. Apalagi kamu juga bisa tanya-tanya tentang budaya lokal maupun destinasi wisata tersebunyi kepada pemilik rumah dengan lebih leluasa, dan tentu informasi yang kamu dapatkan berbeda ketika kamu bertanya di hotel maupun agen wisata.


Ini adalah pilihan penginapan favorit saya, karena sebagai ekstrovert saya suka bercengkrama dengan orang baru, terutama orang dari berbeda budaya. Sangkin sukanya, saya juga ikutan bisnis Airbnb juga. Penghasilannya lumayan banget lho! Liat pengalaman saya bisnis Airbnb di artikel ini.


BuLiBi: Betul. BuLiBi juga langganan Airbnb. Eh, tapi ada pilihan yang ekstra hemat ya?

Olivia: Saat traveling ke luar negeri, biaya penginapan memang seringkali bikin pusing karena harganya yang mahal. Tapi tenang, karena ada berbagai cara yang bisa kamu coba untuk menekan biaya penginapanmu di luar negeri bias bisa lebih irit. Penginapan yang nyaman itu tidak harus di hotel kok, biar akomodasi di luar negeri lebih murah, ada tempat lain untuk menginap yaitu di rumah teman!


Yups! Kalau kamu punya teman yang tinggal di negara tujuan liburanmu, gak ada salahnya kan untuk numpang tinggal sebentar. Kalau merasa gak enak karena cuma numpang tidur saja, kamu bisa membantunya membersihkan rumah, membawakan camilan atau makanan favoritnya, maupun mengajaknya jalan-jalan bersama.


Dengan menginap di rumah teman seperti ini bisa menjadi salah satu cara untuk menjalin kembali tali silaturahmimu bersama dengannya. Apalagi kalau kamu tinggal di negara yang jaraknya saling berjauhan. Hmmm bertemu teman lama pasti mengasyikkan bukan? Bercerita sambil bernostlagia mengenang saat-saat di masa lalu bisa jadi aktivitas yang paling berkesan.


BuLiBi: Ini nih yang patut dicoba. Thank you, Olivia! Ada tips tambahan buat teman BuLiBi yang mau ikutan bukan liburan biasa?

Olivia:

Tips memilih akomodasi yang tepat:

  1. Hal yang penting kamu perhatikan sebelum memilih penginapan adalah seberapa jauh jarak penginapanmu menuju ke destinasi wisata tujuan. Ada baiknya kalau kamu memilih penginapan yang bisa dijangkau dengan jalan kaki, sehingga tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk menyewa transportasi.

  2. Biaya inap per malam juga penting banget. Banyak kok laman reservasi online yang bisa dijadikan acuan untuk memilih penginapan terdekat dengan harga yang miring.

  3. Kalau liburan ke luar negeri, koneksi internet adalah salah satu hal penting yang harus didaptkan. Mungkin kalau kamu baru pertama kali ke luar neger, membeli paket internet mungkin terasa sedikit menyulitkan. Karena itulah mencari penginapan dengan fasilitas Wi-Fi gratis bisa menjadi pilihan yang oke. Banyak kok penginapan di luar negeri yang memiliki fasilitas koneksi internet gratis waluapun jaringa internetnya sedikit lambat.

Selain keempat jenis akomodasi di luar negeri tersebut tentu masih banyak jenis akomodasi lainnya yang dapat kamu pilih. Mau pilih yang mana tentu harus disesuaikan dengan budget juga kenyamananmu. Karena itulah, sebelum berlibur pastikan untuk membuat rencana perjalanan serta jenis akomodasi apa yang akan kamu pilih.

Mau cerita liburan kamu diliput tim BuLiBi juga?

Terima kasih, Olivia, sudah berbagi dengan tim BuLiBi. Kamu punya tips memilih akomodasi luar negeri maupun jenis akomodasi seperti penginapan, maupun transportasi di luar negeri? Share di kolom komentar yuk!


Buat kamu yang punya cerita liburan dan foto-foto seru, bisa langsung follow dan DM BuLiBi via Instagram! Caranya gampang, kok! Cuma follow, tag, dan ceritakan pengalaman kamu. Tidak dipungut biaya apa pun! Perlu informasi lebih lanjut? Langsung tanya aja di Forum BuLiBi!

Tentang Teman BuLiBi

Teman BuLiBi: Olivia Purba

Olivia Purba (IG: @traveling.aja.dulu) adalah seorang travel addict yang sudah keliling ke 52 negara di 6 benua. Sebagian besar perjalanannya dibiayai untuk studi, pekerjaan, pembicara dan bisnis. Pengalaman travelingnya sudah dibukukan oleh Gramedia di buku “Traveling Aja Dulu: Jalan-jalan Gratis ke 35 negara” (terbit 2019). Ikuti update perjalanannya di Website Traveling Aja Dulu!

Baca juga:

Daftar Penginapan di Indonesia

Daftar Penginapan di Thailand


Artikel BuLiBi terlaris:

Tips Liburan #3: Kerja Freelance Biar Bisa Liburan Kapan Saja

Apply Visa Thailand: Bukan Liburan Biasa Ke Negeri Gajah Putih

Apply Visa Colombia: Bukan Liburan Biasa Ke Negara Bebas Visa

Mau liburan ke luar negeri? Cek harga tiket sekarang!


14 tampilan
  • Facebook

©2019 by Bulibi