Tempat Wisata di Sumbar Mana yang Harus Kamu Tuju?

Hai Teman Bulibi, setelah tidak liburan dalam beberapa waktu yang lama, sudah saatnya kita untuk membuat wishlist liburan baru! Kami punya ide liburan untukmu: gimana kalau tempat wisata di Sumbar?

Tempat Wisata di Sumbar (Photo by Rafki Altoberi on Unsplash)

Kali ini kami akan memberikan informasi dari provinsi dari sebuah pulau di barat Indonesia. Apa kamu tau dari mana asal makanan terlezat di dunia bernama rendang? Sudah pasti tahu dong. Yak benar sekali! Kami akan membahas tanah kelahiran rendang, Sumatera Barat! Selain dikenal dengan makanannya yang penuh citarasa, pedas, gurih dan bersantan, Sumatera Barat menyimpan begitu banyak objek wisata yang wajib dikunjungi. Wisata budaya, kuliner, sejarah, agama, semua ada di sini. Yuk kita lihat list tempat wisata di Sumbar yang harus kamu kunjungi!


Jam Gadang Bukittinggi

Siapa yang tidak kenal dengan bangunan fenomenal ini? Kalau kamu belum foto dengan latar jam yang satu ini, berarti kalian belum afdol untuk dibilang pernah menginjakkan kaki di Sumatera Barat. Jam Gadang berada di km nol Kota Bukittinggi. Jam ini merupakan hadiah dari Ratu Belanda untuk Sekretaris Fort De Kock pada tahun 1926. Nah sejak saat itu, Jam Gadang sudah menjadi ikon Bukittinggi.


FYI, atap dari Jam Gadang ini sudah pernah mengalami renovasi sebanyak 3 kali lho, sesuai dengan siapa yang berkuasa di Tanah Air pada masanya. Kenapa bisa begitu? Dahulunya saat Jam Gadang dibangun, atapnya memiliki ornamen seperti bangunan Eropa dengan bentuk setengah lingkaran. Namun saat Indonesia dikuasai oleh Nippon, atapnya pun diubah menjadi seperti khas negara Jepang. Hingga pada saat kemerdekaan Indonesia, atap Jam Gadang kembali kepada “fitrahnya” sebagai ikon wilayah Sumatera Barat dengan 4 gonjong yang berdiri gagah menghadap ke empat penjuru mata angin.


Jika kamu main ke Jam Gadang, maka banyak tempat di sekitar Jam Gadang yang tidak boleh kamu lewatkan. Mulai perjalananmu dari Pasa Ateh (Pasar Atas) yang menjual beraneka ragam souvenir dan pernak-pernik Minangkabau. Selanjutnya, jangan lewatkan deretan kuliner asli Minang di Pasa Lereang, disini kamu bisa temukan Nasi Kapau, nasi padang yang beneran nasi padang! Kenikmatannya tidak bisa dijelaskan dengan kata-kata deh pokoknya. Teman BuLiBi harus coba langsung! Selanjutnya ada Kebun Binatang Kinantan yang memiliki banyak spesies hewan Indonesia. Nikmati pemandangan Kota Bukittinggi dari ketinggian Ngarai Sianok. Atau mampir ke Lubang Jepang yang letaknya juga tidak jauh dari sini. Paket liburan lengkap akan kamu dapatkan jika berkunjung ke Jam Gadang Bukittinggi!


Pulau Pasumpahan

Dari Bukittinggi, kita menuju pantai Padang untuk pergi ke Pulau Pasumpahan. Pulau ini masuk ke Kecamatan Bungus Teluk Kabun, Kota Padang. Banyak yang belum tahu kalau pulau ini memiliki panorama yang tidak kalah keren dibanding wisata pulau mainstream di Indonesia. Pulau Pasumpahan memiliki pasir putih dan pemandangan yang menakjubkan. Pengalaman liburanmu akan semakin bermakna apabila Teman BuLiBi bisa melihat sunset di pulau ini, luar biasa indah!


Di pulau ini kamu juga bisa snorkeling di alam bawah lautnya yang masih terjaga. Sehingga dengan biaya kurang lebih Rp250.000 per orang, kamu sudah bisa sepuasnya menikmati keindahan dan kedaiaman Pulau Pasumpahan. Pilihan itu berlaku apabila kamu memilih mengikuti open trip yang banyak disediakan oleh penyedia perjalanan wisata. Namun jika ingin lebih hemat dan perjalanan lebih seru, backpacker-an ke sana bersama teman-teman juga bisa jadi pilihan yang oke banget! It’s worth it! Kalau nggak percaya, cobain aja! Hehehe.


Danau Singkarak

Bisa dikatakan semua hal yang kamu inginkan untuk liburan ada di Sumatera barat. Tempat wisata di Sumbar selanjutnya adalah Danau Singkarak yang terletak di Kabupaten Solok dan Kabupaten Tanah Datar. Danau Singkarak adalah danau kedua terbesar di Sumatera setelah Danau Toba. Danau ini juga dimanfaatkan sebagai PLTA oleh pemerintah setempat. Satu hal yang TIDAK BOLEH kamu lewatkan adalah menikmati ikan yang sangat tersohor di daerah ini. Bisa dikatakan ikan ini adalah ikan yang habitatnya hanya ada di Dannau Singkarak. Warga sekitar menyebut ikan ini dengan nama Ikan Bilih. Di sini kamu bisa berkuliner, berenang, menikmati hijaunya perbukitan dan birunya danau yang bikin mata jadi segar. Secara umum tidak ada spot khusus untuk menikmati danau ini. Kenapa? Karena semua lokasinya memberikan pemandangan yang menakjubkan!


Tahukah kamu? Danau Singkarak juga dijadikan rute lomba balap sepeda Internasional “Tour De Singkarak” yang sudah berlangsung sejak tahun 2009. Hal ini sejalan dengan dorongan Pemerintah untuk membawa wisata Danau Singkarak ke khalayak internasonal.


Lembah Harau di Payakumbuah

Mau berkunjung ke Yoshimite Park ala Indonesia? Lembah Harau jawabannya! Berada di wilayah Payakumbuah, Lembah Harau semakin diminati oleh wisatawan domestik ataupun mancanegara. Bagaimana tidak, di kawasan ini kamu akan menemukan keindahan alam berupa lembah yang bentuknya seperti dinding yang menjulang tinggi. Ditambah lagi dengan hijaunya daerah di sana dan 5 air terjun yang sangat menyegarkan. Tentu saja pada masa liburan tempt ini akan menjadi sangat ramai, sehingga kami menyarankan Teman Bulibi untuk datang ke sini saat low season, agar keindahan alamnya bisa dinikmati secara maksimal.


Selain alamnya, lokasi ini juga merupakan Cagar Alam Nasional untuk fauna seperti monyet ekor panajng, harimau Sumatera, tapir, landak, burung kuau, dan banyak lagi. Para wisatawan tentu tetap bisa berjalan-jalan dengan aman karena hewan-hewan tersebut dijaga dan terus dipantau oleh pihak terkait. Satu spot yang tidak boleh kamu lewatkan di lokasi ini adalah Lembah Echo. Lembah Echo menghasilkan gema yang sempurna dan hanya ada satu di dunia! Titik untuk membuktikan gema ini sudah ditandai oleh pengelola, sehingga pengunjung bisa langsung menuju ke titik tersebut. Gimana? Tertarik ke Lembah Harau?


Jembatan Akar Pesisir Selatan

Ingin menikmati sensasi ala film Tarzan atau Jurassic Park dengan berjalan di atas jembatan yang terbuat dari akar pohon beringin? Tempat wisata di Sumbar yang satu ini wajib kamu kunjungi. Berada di wilayah Pesisir Selatan, jembatan alami ini terbentuk dari akar gantung 2 pohon beringin yang saling bertautan. Jembatan ini melintasi Sungai Bayang yang bersih, serta dikelilingi oleh hijaunya pepohonan.


Asli atau nggak nih? Buat kamu yang penasaran kenapa 2 akar beringin bisa bertautan dan membentuk jembatan, kami punya jawabannya! Jembatan ini memang dibuat oleh seorang ulama bernama Pakih Sokan di awal tahun 1900-an. Awalnya digunakan oleh warga setempat untuk menyebrangi sungai. Namun seiring berjalannya waktu, jembatan ini semakin lama semakin kuat dan semakin besar. Tidak seperti jembatan pada umumnya, hingga saat ini jembatan akar ini masih kokoh dan menjadi spot yang sayang untuk dilewatkan saat berada di Pesisir Selatan.


Nah Teman Bulibi, selain 5 spot di atas, masih banyak lagi yang bisa kamu kunjungi saat berada di Sumatera Barat. Di kesempatan lain, kami akan bahas lagi tempat-tempat lainnya yang bisa kamu tuju saat berada di Sumatera Barat. Sudah ada ide baru untuk liburan? Selamat Liburan Teman Bulibi!


(c) BuLiBi - [Kontributor: Alif | Editor: Karina Ovelia]


Suka dengan artikel ini? Silakan share ke media sosialmu!


Baca artikel lainnya:

Daftar Penginapan Di Indonesia

Tips Liburan #5: Tips Backpacker Untuk Para Ladies

Tips Liburan #3: Kerja Freelance Biar Bisa Liburan Kapan Saja


#bulibi #bukanliburanbiasa #tempatwisatadisumbar #sumbar #sumaterabarat #padang #jamgadang #bukittinggi #lembahharau

Cari tiket murah ke Sumbar:


  • Facebook

©2019 by Bulibi