Mau liburan ke Phuket? Siapkan Ini Dulu!

Mau menikmati pantai-pantai eksotis di Phuket? Simak yuks apa saja yang perlu disiapkan untuk liburan ke Phuket.

Selain Bangkok, Phuket menjadi salah satu destinasi paling favorit di Thailand. Phuket merupakan pulau terbesar di Thailand dengan luas 576km2. Pulau ini berada di pantai barat Thailand dan menghadap ke Laut Andaman dan Samudra Hindia. Dikelilingi 32 pulau-pulau kecil di sekitarnya, Phuket menjadi magnet bagi para penyuka pantai dan laut.

Mirip dengan Bali, Phuket menawarkan beragam wisata, mulai dari pantai, wisata kuil/temple, hingga wisata belanja. Pulau ini selalu ramai dikunjungi hampir sepanjang tahun. Kamu bisa menikmati kecantikan pantai-pantai Phuket dengan hamparan pasir putih, berkeliling di night market, atau berkunjung ke Big Buddha. Teman BuLiBi juga bisa seru-seruan di Phuket Trickeye Museum atau island hopping ke pulau-pulau di sekeliling Phuket. Kira-kira, perlu persiapan apa saja sih kalau mau liburan ke Phuket?

Mau Liburan di Musim Apa?

Sebelum kamu memutuskan untuk liburan ke Phuket, cari tahu mengenai waktu terbaik berkunjung ke sana. Phuket bisa dikunjungi sepanjang tahun, namun waktu terbaik untuk ke Phuket adalah saat dry season dari Desember hingga Maret. Cuaca cenderung tidak terlalu panas dan hujan sangat sedikit. Musim ini juga merupakan high season di Phuket, jadi semua tempat wisata akan ramai dipadati wisatawan dari berbagai negara. Dan biasanya harga tiket pesawat atau hotel akan melonjak di musim ini.

Di bulan April hingga Juni, cuaca di Phuket lebih panas dari dry season. Kamu juga perlu tahu, Phuket mengalami monsoon, dimana hujan akan mulai sering turun dari Juli hingga November. Namun hujan biasanya tidak turun sepanjang hari dan kamu masih bisa menikmati sinar matahari. Kalau ingin suasana yang lebih sepi, dua musim ini bisa menjadi pilihan. Tempat wisata tidak akan sepadat dan seramai saat high season. Dan pastinya, harga-harga lebih murah dibandingkan saat peak season.

Menuju Phuket

Punya rencana liburan ke Phuket tapi bingung? Pulau ini termasuk mudah dikunjungi lho dari Jakarta. Memang, masih banyak yang mengira lokasi Phuket dekat dan masih satu daratan dengan Bangkok. Nyatanya, pulau ini terletak sekitar 863km dari Bangkok. Teman BuLiBi bisa memilih naik pesawat, express bus, atau kombinasi kereta dan bus untuk mencapai tempat ini.


Pesawat

Cara yang paling mudah mencapai Phuket tentu saja dengan menggunakan pesawat terbang. Banyak tersedia penerbangan domestik dari Bangkok menuju Phuket yang membutuhkan waktu sekitar 1,5jam. Walaupun dari Jakarta tidak ada penerbangan langsung ke Phuket, tersedia beberapa kali penerbangan ke Phuket dengan maskapai full service maupun low cost.


Express Bus

Kamu juga bisa naik express bus dari Bangkok dengan pilihan jadwal keberangkatan pagi dan malam hari. Perjalanan dengan bus memerlukan waktu sekitar 14 jam. Semua bus dilengkapi dengan AC, reclining seat, serta film, dan snack selama perjalanan.


Kereta dan Bus

Jika ingin bertualang, traveler bisa memilih kombinasi kereta dan dilanjutkan dengan bus. Tersedia pilihan sleeper train untuk tiket kelas 1 (kabin untuk 2 orang) dan kelas 2 (kabin untuk lebih dari 2 orang). Tidak disarankan untuk memilih kereta dengan seat only, karena perjalanan sangat jauh.


Perjalanan dari Stasiun Hua Lamphong di Bangkok menuju kota Shurat Tani memerlukan waktu 8 – 12jam, tergantung dari kelas kabin. Sampai di Shurat Tani, kamu bisa berpindah kendaraan bus dan masih harus menempuh 5 jam perjalanan lagi. Wah, lama yah di perjalanannya?

Transportasi di Phuket

Songthaew (c) Desi Triaryanawati

Jangan khawatir, pilihan transportasi di Phuket sangat beragam. Traveler bisa menyesuaikan dengan kebutuhan. Pergi sendiri, bersama teman-teman, atau keluarga, teman BuLiBi bisa memilih dari mulai sepeda motor, taksi, angkutan umum lokal, hingga sewa kendaraan pribadi.


Bandara ke kota Phuket

Jarak dari Phuket Airport menuju Phuket Town sekitar 40km. Kalau kamu sampai di Phuket menggunakan pesawat terbang, tersedia mini bus dengan biaya 100 Baht. Mini bus akan menaikkan dan menurunkan penumpang sepanjang perjalanan, sehingga memerlukan waktu sedikit lama untuk tiba di tujuan.

Jika pergi dengan beberapa orang, kamu bisa sharing cost untuk sewa kendaraan atau naik taxi. Walaupun lebih mahal, tentu saja akan menghemat waktu dan tiba lebih awal.


Dalam kota

Untuk eksplor kota Phuket tentu saja yang lebih nyaman kamu bisa sewa mobil dan naik taxi. Tapi, kamu juga bisa memilih ojek motor, tuk tuk, bus, atau songthaew.

Naik songthaew juga bisa dicoba nih traveler! Tentu seru merasakan naik transportasi lokal. Tidak ada kondektur di songthaew, jadi kalau mau turun kamu harus pencet bel dulu. Biasanya jadwal songthaew selalu tepat waktu, akan berjalan setiap 30menit sekali dari titik awal pemberangkatan.

Paling enak menjelajah Phuket dengan motor. Kenapa? Sewa motor di Phuket termasuk murah. Dengan menyewa sepeda motor, kamu juga bisa eksplor Phuket dengan lebih mudah. Harga sewa motor di sana sekitar 250 Baht untuk satu hari.

Bisa Eksplor Apa Aja di Phuket?

Karon Beach (c) Desi Triaryanawati

Berlibur sendiri, dengan teman, atau keluarga, tersedia banyak pilihan aktivitas yang bisa dilakukan. Mulai dari bersantai di pantai, mencoba berbagai olahraga air, island hopping, atau berbelanja di night market. Berikut beberapa pilihan aktivitas yang bisa teman BuLiBi lakukan selama liburan ke Phuket:


Bermain di Pantai

Phuket memiliki banyak pantai indah dengan hamparan pasir putih, pohon kelapa, dan air laut yang biru jernih. Mulai dari Patong Beach, salah satu pantai paling populer dan ramai. Atau Kata Beach yang lebih sepi dari Patong Beach, dan Karon Beach dengan pasirnya yang sangat lembut.

Kamu bisa bersantai dan menikmati semilir angin di pantai. Atau mencoba berbagai macam olahraga air, seperti surfing, kitesurfing, atau paddleboarding. Nikmati berbagai macam makanan dan minuman di beberapa restoran dan bar yang ada di sepanjang pantai. Jangan lewatkan menikmati sunset di Patong Beach saat sore hari.


Mengunjungi Wat Chalong & Big Buddha

Tidak selalu pantai, di Phuket kamu juga bisa mengunjungi Wat Chalong Temple. Salah satu kuil Buddha dengan bangunan megah. Jangan lupa untuk mampir ke Big Buddha yang terletak tidak jauh dari Wat Chalong Temple. Patung Buddha setinggi 45meter ini konon dibangun dengan biaya 30 juta Baht. Karena letaknya di atas bukit, sejauh mata memandang akan terlihat pemandangan indah barisan pantai dan pulau-pulau di sekitar Phuket.


Island Hopping Tour

Satu hal yang tidak boleh dilewatkan, island hopping! Nah, traveler pernah dengar film ‘The Beach’ yang dibintangi Leonardo DiCapprio, kan? Lokasi film ini di Maya Bay, yang terletak di Phi Phi Leh. Kamu bisa ikut tour Phi Phi Islands untuk ke tempat ini. Selain Maya Bay, ada beberapa pilihan pulau lainnya seperti James Bond Island, Khai Island, atau Similan.

Jangan lewatkan untuk snorkeling di salah satu pulau yang dikunjungi. Kamu bisa melihat aneka macam ikan dan terumbu karang bawah laut Phuket. Dan nikmati keindahan sunset dari perahu saat perjalanan kembali ke Phuket. Jika punya waktu lebih, kamu juga bisa menginap selama satu malam di Phi Phi Island.


Berkeliling Old Phuket Town

Terletak di Phuket Town, kamu bisa melihat bangunan bangunan tua dengan cat berwarna-warni. Cobalah mampir di malam hari untuk melihat kecantikan lampu-lampu yang menghiasi bangunan-bangunan tersebut.


Belanja di Phuket Weekend Market

Kalau kamu berada di Phuket saat weekend, jangan lewatkan untuk berkeliling di Phuket Weekend Market. Seperti namanya, pasar ini hanya dibuka saat akhir pekan saja. Kamu bisa mencoba berbagai macam makanan yang dijual di sepanjang jalan, atau melihat-lihat dan berbelanja souvenirs dan pernak pernik untuk oleh-oleh.


Taman Bermain

Jika traveler pergi dengan anak-anak, banyak aktivitas yang bisa dilakukan si kecil selama liburan ke Phuket. Selain pantai dan laut, rasakan serunya balapan di Phuket Racing Kart dan melihat berbagai macam hewan laut di Phuket Aquarium. Atau bermain dengan berbagai macam lukisan 3D di Phuket Trickey Museum. Dijamin mereka tidak akan bosan!


Menginap di Mana?


Tidak susah mencari akomodasi sesuai dengan kebutuhan kamu, mulai dari hostel hingga resort mewah. Jika ingin penginapan dengan harga relatif murah dan jauh dari hingar bingar, kamu bisa menginap di Phuket Town. Pilihan lainnya, teman BuLiBi bisa pilih sekitar Kata Beach dan Karon Beach.

Ingin menginap di tempat yang ramai dan dekat pantai dan tempat wisata lainnya? Kamu bisa pilih area Patong Beach, pusatnya kawasan wisata di Phuket. Di sini tersedia akomodasi dengan berbagai tipe. Juga banyak tersedia restoran, toko-toko, bar, dan fasilitas lainnya.

Makanan di Phuket

Buat kamu yang tidak ada pantangan makanan, banyak ragam makanan yang bisa kamu temukan. Mulai dari menu lokal, seafood, Chinese food, hingga internasional yang dijual di pinggir jalan hingga restoran. Saat liburan ke Phuket, kamu harus coba street food mereka, seperti pad thai. papaya salad, fried coconut ice cream, hingga beragam jenis snack sate.

Khusus untuk traveler muslim, perlu sedikit hati-hati karena makanan di street food sebagian besar non- halal. Tapi jangan khawatir, populasi umat muslim di Phuket sendiri sekitar 20%. Jadi, tersedia cukup banyak restoran halal seperti Anwa Lookchin Pha yang terkenal dengan mie dengan bakso ikannya, Kusuma Halal dengan beragam makanan Thailand, Malaysia, dan seafood. Atau mau makan kebab di beberapa restoran Timur Tengah.


Yang Perlu Kamu Tahu

Maya Bay (c) Desi Triaryanawati
  • Untuk mendapatkan tiket murah ke Phuket, kamu bisa hunting tiket promo jauh-jauh hari sebelum keberangkatan

  • Untuk sewa motor di Phuket memerlukan passport asli sebagai jaminan, jadi sewalah dari tempat terpecaya atau dari penginapan tempat kamu menginap

  • Saat ini, Maya Bay masih ditutup untuk wisatawan. Pemerintah Thailand menutup tempat ini untuk perbaikan lingkungan dan udara akibat terlalu banyak wisatawan yang berkunjung

  • Jika kamu memilih pesawat dari Bangkok, pilihlah penerbangan malam, harganya bisa lebih murah

  • Pesan akomodasi jauh-jauh hari melalui situs online, terutama saat high season

  • Untuk pilihan Phi Phi Island tour, kamu bisa pesan melalui hotel. Paket tour berkisar antara 1200-1500 Baht sudah termasuk antar jemput, makan siang, dan snorkeling

  • Selain Phuket Night Market, kamu bisa mencari oleh-oleh dan souvenir di Jungceylon Shopping Mall

  • Sediakan waktu setidaknya 3 hari selama di Phuket untuk menghabiskan waktu di pantai-pantai atau eksplor tempat-tempat lain


Jika kamu mencari tempat liburan dengan berbagai macam destinasi di Thailand, Phuket bisa menjadi pilihan. Kamu bisa main ke beberapa pantai, seperti Patong Beach yang sangat ramai. Atau ingin pantai dengan suasana lebih tenang? Kamu bisa ke Kata Beach atau Karon Beach. Tentu jangan lewatkan ikut island hopping tour ke beberapa pulau kecil di sektitar Phuket seperti James Bond Island atau Phi Phi Island yang pernah menjadi tempat syuting film 'The Beach'. Snorkeling wajib dicoba di Monkey Island untuk menikmati keindahan bawah laut Phuket.


Teman BuLiBi bukan tipe yang suka berlama-lama di pantai? Tenang saja, banyak koq tempat wisata yang bisa dikunjungi, baik sendiri, bersama teman, atau keluarga. Nikmati pemandangan pantai-pantai Phuket dari ketinggian di Big Buddha. Kemudian bisa melanjutkan berjalan-jalan dan mencari souvenir di Jugnceylon Shopping Mall atau Phuket Weekend Market. Atau mau merasakan keseruan bermain gokart dan mencoba eco adventure di Flying Hanuman?


Mau merasakan berbagai macam jenis makanan dan snack di Phuket? Cobalah berkeliling Phuket Old Town atau Phuket Night Market. Kamu bisa mencoba berbagai macam makanan lokal, seperti pad thai dan coconut ice cream. Untuk akomodasi, kamu bisa pilih area sesuai dengan kesukaan kamu. Di tempat yang ramai seperti Patong Beach atau yang tenang di resort di selatan pulau? Apapun pilihan untuk liburan ke Phuket, tersedia berbagai macam alternatif untuk disesuaikan dengan keinginan. Sudah siap bermain di pantai Phuket, traveler?


(c) BuLiBi


Baca juga:

Apply Visa Thailand: Bukan Liburan Biasa Ke Negeri Gajah Putih

Daftar Penginapan Di Thailand

Tips Liburan #5: Tips Backpacker Untuk Para Ladies


#bulibi #bukanliburanbiasa #liburankephuket #traveling #thailand #phuket #beach

Cari tiket murah ke Phuket:




  • Facebook

©2019 by Bulibi