top of page

Kesan pertama di Bogota: DINGIN!

Diperbarui: 6 Mar 2020


Jangan sampe salah kostum pas liburan! Cari tau dulu suhu udara di tempat yang kamu tuju. Bogota, Kolombia contohnya, rata-rata 15 Derajat Celsius bahkan di siang bolong. Udah pake jaket aja masih dingin!


Bahkan di negara yang sama pun, suhu udara setiap kota bisa jauh berbeda. Ambil contoh Denpasar, Bali dengan Bandung, Jawa Barat. Kalau kamu keliling Kota Kembang pakai baju pantai ala Bali, jelas kamu bakal kedinginan.


Kelembaban udara juga berpengaruh besar. Semakin kering suatu tempat, semakin terasa perbedaan suhunya. Misalnya, Bandung dan Medellin, Kolombia rata-rata suhunya sama, tapi di Medellin bisa terasa lebih dingin karena udara di sana lebih kering. Sama halnya dengan cuaca panas, dengan suhu yang sama, bisa terasa lebih panas karena udara yang kering. #TodayILearned?


Apa yang Harus Dipersiapkan

Nah, sebelum Teman BuLiBi liburan, cari tahu dulu suhu udara rata-rata di waktu rencana berkunjung. Musim apa di sana? Panas? Dingin? Gugur? Semi? Di bulan itu, sering hujan atau tidak? Jangan sampai datang ke hotel basah kuyup kaya bebek kecebur di sawah. Gagal deh auto selfie cantik!


"Saya mau liburan ke Jepang pas musim dingin. Kalau terbang dari Jakarta kan panas, Masa harus sudah siap pakai baju tebal?"

Untuk mengatasi masalah yang satu ini, sebaiknya pakai t-shirt yang nyaman dari Jakarta, tapi bawa kemeja, sweater, atau jaket sebagai extra layer, ke kabin pesawat. Kenakan pas kamu landing, jadi kamu tetap nyaman di dua cuaca yang berbeda.


Tips dari Pengalaman Pribadi

Sudah pakai overall berbahan jeans, t-shirt yang lumayan tebal, ditambah jaket hoodie, masih saja kedinginan pas landing di Bogota. Kota yang satu ini memang hampir tidak pernah panas. Padahal saya besar di Bandung dan sudah terbiasa dengan cuaca dingin. Tetap saja, brrrr, dingin! Akhirnya, kedua kalinya saya ke bandara di Bogota, saya pakai jaket yang lebih tebal. Masih dingin, sih, tapi yang penting tidak sampai menggigil pas ditanya bapak petugas imigrasi.


 


Ikuti cerita orang Indonesia nomaden di berbagai negara di dunia di BuLiBi.com. Tonton juga videonya di channel YouTube BuLiBi Indonesia. Kapan kamu traveling? . . . #bukanliburanbiasa #liburan #traveling #travel #piknik #jalanjalan #backpacking #liburanmurah #kartun #cerita #gambar #ceritaliburan #komik #hitamputih #nomaden #travelnomad #remoteworking #indonesia #kolombia #bogota #amerikalatin #dingin #naikpesawat


43 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page