Karina Ovelia

22 Jan 2020

Jakarta dan Sekitarnya: Staycation Darurat di Ayaka Suites Kuningan

Diperbarui: 5 Sep 2020

Jakarta Banjir? "Ngungsi" ke Ayaka Suites aja. Baca cerita staycation darurat penduduk asli Jakarta. Ini bukan liburan biasa!

Ulasan BuLiBi (Bukan Liburan Biasa)

Positif:

• Lokasi sangat strategis, diantara perkantoran area Sudirman - Kuningan

• Staff ramah yang selalu siap sedia membantu

• Layanan laundry yang berbayar ataupun laundry mandiri gratis

• Fasilitas kamar yang lengkap dengan AC, TV dengan saluran internasional, hairdryer, safety box, dan mini kulkas.

Negatif:

• Meskipun akses ke hotel mudah, letak bangunan di kawasan gang/jalan kecil.

Alasan Tim BuLiBi Pilih Akomodasi Ini:

• Tarif hotel yang relatif murah (Rp. 655.500/malam) untuk ukuran hotel yang terletak di pusat Kota Jakarta, terlebih karena mampu memberikan pengalaman menginap yang sangat mengesankan untuk saya pribadi.

Cek tarif hotel dan booking sekarang!

Di hari pertama 2020, Jakarta kembali didatangi kawan lama: banjir. Jutaan volume air yang selalu mengganggu aktivitas warga Jakarta ini menggenangi beberapa wilayah yang telah diguyur hujan terparah selama 15 abad sepanjang malam tahun baru. Sebagai warga Kelapa Gading yang langganan banjir, peristiwa awal tahun ini merupakan banjir paling buruk yang pernah saya alami. Ketinggian air di dalam rumah (iya, kamu nggak salah baca, kok) mencapai lutut orang dewasa. Di luar rumah? Tenang, cuma se-paha. Keadaan rumah yang tidak layak dihuni--kulkas, sofa, dan dispenser ngambang serta satu-satunya tempat tidur yang masih 'aman' mulai terendam susu coklat di bagian bawahnya-- akhirnya mengharuskan keluarga saya untuk mengungsi.

Pengungsian kali ini beda dengan tahun-tahun sebelumnya karena kami jadi nggak sengaja staycation selama 5 hari di Ayaka Suites, Kuningan. Letaknya yang strategis di tengah hutan beton perkantoran Jakarta menjadikan Ayaka Suites salah satu pilihan penginapan yang cukup proper untuk warga Jakarta yang memang berencana menghabiskan waktu senggang untuk staycation atau untuk mereka yang mengunjungi Jakarta untuk kepentingan bisnis. Atau... ya mengungsi ketika ada banjir, seperti saya ini.

Tiba di hotel setelah menerjang banjir

Proses pemesanan hotel dan pembayaran berlangsung tidak sampai 10 menit karena semua tinggal one click away. Saat kami meninggalkan rumah, saya tidak mengira kalau arus air di luar ternyata deras, cukup membuat saya kehilangan keseimbangan saat menerjang banjir. Kami mencoba memesan taksi online setelah berjalan selama 1 jam dari rumah ke tempat yang lebih aman dan tidak terdampak banjir. Perjalanan menuju hotel pun juga harus memutar ke daerah yang kering sehingga memakan waktu lebih lama dari semestinya.

Hal pertama yang membuat saya terkesan saat tiba di Ayaka Suites adalah ramahnya staff hotel yang terasa begitu autentik (atau mereka emang kasihan saja melihat kami sekeluarga lecek kebanjiran). Kami tiba di hotel pukul 09:00 WIB dan berencana melakukan early check-in. Sayangnya, kami belum bisa menempati kamar karena kondisi hotel yang sudah full-booked. Masuk akal, karena pasti banyak yang merayakan tahun baru dari tadi malam.

Layanan dan makanan hotel yang mengesankan

Satu hal lagi yang membuat kami lega dan tidak perlu pusing memikirkan baju basah adalah Ayaka Suites menyediakan layanan laundry untuk para tamunya. Setiap helai pakaian dikenakan biaya sebesar Rp. 11.000. Nah, kalau kamu lebih suka melakukan segala sesuatunya sendiri, mereka juga menyediakan ruangan laundry lengkap dengan mesin cuci, mesin pengering, dan setrika di setiap lantai. Tamu bisa menggunakan layanan ini secara gratis!

Entah kenapa pilihan untuk sarapan di hotel baru terbersit sekitar 10 menit setelah kami beristirahat di lobby, karena awalnya kami berencana untuk mencari sarapan ke luar. Kami segera menitipkan barang bawaan di resepsionis (saya kembali dibuat terkesan dengan staff lobby boy yang ramah) dan bergegas ke lantai dua menuju Kayu Manis Cafe and Bistro. Untuk paket full breakfast, tamu dikenakan biaya sebesar kurang lebih Rp, 100.000 yang mana relatif murah dan much to my surprise, rata-rata makanannya enak untuk ukuran hotel bintang 3. Ada satu hal yang pasti dan hampir selalu saya perhatikan setiap menginap di hotel; susu segar yang disajikan, karena saya pernah mengalami pengalaman kurang menyenangkan dengan sajian susu di sebuah hotel. Di Ayaka Suites, kesan baik kembali saya temukan ketika sarapan saya lengkap dengan susu segar yang mereka sajikan.

Kamar minimalis dengan fasilitas modern

Kami akhirnya bisa check-in pada pukul 11:00, 3 jam lebih cepat dari waktu check-in normal. Sebagaimana yang dijanjikan staff hotel sebelumnya untuk segera memberitahu saya jika sudah ada kamar yang bisa ditempati. Kesan pertama saat masuk ke kamar adalah desain minimalis yang terlihat dari lemari yang tidak terlalu besar, cukup untuk menyimpan beberapa pakaian yang dilengkapi juga dengan gantungan baju dan sebuah safety box serta kulkas mini. Kamar ini juga dilengkapi dengan AC dan tv dengan saluran internasional. Kamar mandi standar lengkap dengan shower, wastafel, dan peralatan mandi, termasuk hairdryer.

Staycation darurat yang berkesan

Dalam kondisi yang tidak menyenangkan karena terdampak banjir, pengalaman staycation darurat di Ayaka Suites mampu mengobati rasa menyebalkan itu. Pelayanan staff yang sangat ramah mampu memberikan kesan yang begitu mendalam untuk saya pribadi dan kesan tersebut terjaga begitu baik selama 5 hari saya menginap di sana. Untuk kamu yang berencana staycation untuk melepas penat dan rehat sejenak dari sibuknya Jakarta, Ayaka Suites bisa menjadi pilihan yang tepat untuk kamu menghabiskan waktu senggang, baik itu sendiri maupun bersama orang-orang tersayang!